alexametrics

Usai Bertemu Menhub, INACA Sepakat Turunkan Tarif Hingga 60 Persen

13 Januari 2019, 15:52:06 WIB

JawaPos.com – Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) mengatakan, para maskapai penerbangan sepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat domestik. Keputusan ini didapat usai bertemu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di rumah dinasnya, Widya Chandra, Jakarta Pusat.

“Kami dari Inaca sudah berkumpul dari Minggu lalu mendengar keprihatinan tingginya harga tiket nasional dan mendapatkan komitmen positif stakeholder. Jumat lalu, kami sudah turunkan harga domestik,” kata Ketua INACA Ari Ashkara di restoran Batik Kuring SCBD Jakarta, Minggu (13/1).

Ari memaparkan, penurunan harga tiket pesawat bervariatif mulai dari 20 persen hingga 60 persen pada masing-masing maskapai. Sementara, alokasi kursi masing-masing maskapai sebesar 10 hingga 30 persen.

Usai Bertemu Menhub, INACA Sepakat Turunkan Tarif Hingga 60 Persen
Citilink (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

“Yang pasti di atas 20 persen sampai 60 persen. Absolutnya sudah kita tentukan,” tuturnya.

Meskipun tarif telah diturunkan, maskapai tetap memperhatikan keamanan dan pelayanan penumpang. Ari menegaskan penetapan tarif ini tidak melanggar regulasi yang telah ditentukan.

“Kita enggak ada yang melanggar regulasi. Walaupun adanya penurunan harga tiket domestik tapi tetap jaga keamanan dan pelayanan. Airlines Full Service Carier dan Low Cost Carier terus meningkatkan standar safety internasional yang dibutuhkan regulator,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal INACA Tengku Burhanuddin mengatakan, penurunan harga tiket tak lepas dari komitmen positif para stakeholder PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero).

“Untuk rute Jakarta-Bali dengan Batik Air akan turun dari Rp 2,9 juta menjadi Rp 1,9 juta. Semua turun pada umumnya dan agak lumayanlah,” kata Tengku.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan tarif internasional, harga tiket penerbangan domestik lebih murah. Tengku menambahkan, maskapai sangat peduli dengan harga tiket yang dinilai mahal tersebut.

“Sekarang masyarakat bisa menikmati kembali harga yang dianggap tadinya mahal,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Usai Bertemu Menhub, INACA Sepakat Turunkan Tarif Hingga 60 Persen