alexametrics

Harga Tiket Mahal Jadi Hambatan Jelajahi Indonesia Timur

13 Januari 2019, 17:15:54 WIB

JawaPos.com – Harga tiket pesawat domestik untuk maskapai berbiaya murah terus menjadi sorotan. Sebab, harga tersebut berada di luar tarif bagasi yang baru-baru ini dikenakan pihak maskapai.

Pihak maskapai dan pemerintah berdalih dua hal tersebut tidak menyalahi aturan yang berlaku. Akan tetapi, hal ini bisa memberikan efek domino yang lebih besar utamanya terhadap minat masyarakat untuk berwisata keliling Indonesia.

Seperti yang dialami oleh Travel Blogger, Mariza. Dia mengaku niatnya untuk menjelajahi Indonesia timur lebih jauh harus ditunda karena harga tiket yang mahal.

“Saya sih ke mana saja yang murah. Tapi cita-cita memang explore Indonesia timur. Sedikit terhambat karena kendala transport mahal,” kata Mariza saat dihubungi JawaPos.com, Minggu (13/1).

Dia mengambil contoh Penerbangan ke Makassar. Selain memiliki banyak destinasi wisata, Makassar juga merupakan pintu gerbang menuju banyak destinasi untuk menjelajahi Sulawesi Selatan.

“Biasanya (yang mahal) destinasi yang di luar Pulau Jawa. Apalagi destinasi Indonesia timur. Enggak ada yang murah (kayak) dulu. Seperti Makassar,” lanjutnya.

Dikutip dari Traveloka, untuk destinasi luar Pulau Jawa seperti Makassar, memang harga tiketnya di atas Rp 1 juta. Maskapai bertarif murah Citilink mematok dengan harga di kisaran Rp 1.544.000 sementara Lion Air Rp 1.555.000.

Mariza berharap maskapai LCC di Indonesia bisa memberikan harga yang lebih bersahabat lagi dari sebelum ditetapkannya tarif bagasi. Sebab, jika tidak dapat bersaing dengan Full-Service Carrier, bukan tidak mungkin akan banyak traveler yang lebih memilih FSC ketimbang LCC.

“Ya saya harap LCC Indonesia bisa kasih harga yang lebih friendly dari sebelumnya. Karena kalau tidak dapat bersaing dengan Full Service Carrier, ya traveller akan pilih FSC,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Uji Sukma Medianti

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Harga Tiket Mahal Jadi Hambatan Jelajahi Indonesia Timur