JawaPos Radar

Demi Anak Muda, Pengelola Mall Diminta Jualan Lewat e-Commerce

12/04/2018, 20:12 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Demi Anak Muda, Pengelola Mall Diminta Jualan Lewat e-Commerce
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (Dok. JawaPos.com)
Share this image

Jawapos.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta pengelola pusat belanja atau mall-mall menyesuaikan diri dengan kebutuhan generasi milenial. Caranya, dengan melakukan ekspansi di bidang jual beli online, mengingat semakin bergesernya gaya hidup yang mempengaruhi pola belanja masyarakat di seluruh dunia.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Enggar menyampaikan pengelola pusat belanja harus bisa melakukan perbaikan melalui inovasi meski tak perlu berubah total.

"Pergeseran lifestyle seluruh dunia berubah. Sebagai pengusaha yang hadir harus menyesuaikan dengan itu. Apakah harus berubah total? Belum tentu. Karena karakter per negara berbeda," ujar Enggar di Hotel Sheraton Gandaria City, Jakarta, Kamis (12/4).

Demi Anak Muda, Pengelola Mall Diminta Jualan Lewat e-Commerce
jual beli online (Dok. Jawapos.com)

Dia menegaskan milenial memiliki gaya hidup yang ingin serba mudah. Akan tetapi, milenal juga tetap membutuhkan mall untuk hang out dan melakukan kegiatan di luar rumah. Sehingga, pihak pengelola juga bisa memadukan berjualan di toko dan juga secara online.

"Tenant mix juga ada perubahan yang disesuaikan dengan lifestyle. Kalau di Cirebon Mall masih jadi tujuan wisata atau hiburan. Beda sama Jakarta," jelasnya.

Untuk itu, dia meminta pengelola jangan sampai menyerah. Sebab harus ada adjustment untuk menyikapi hal ini. Salah satunya dengan tetap menyediakan fasilitas belanja melalui online.

"Hanya perlu ada adjustment. Pesan dari bu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) harus fight dan menang. Anda juga harus masuk ecommerce," pungkasnya.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up