alexametrics

Sri Mulyani Beberkan Tiga Kunci RI Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi

12 Maret 2019, 18:48:02 WIB

JawaPos.com – Indonesia saat ini masih berada di negara berpenghasilan menengah atas. Pemerintah pun terus memperjuangkan Tanah Air untuk naik kelas menjadi negara berpenghasilan tinggi. Pasalnya, tidak mudah keluar dari middle income trap atau negara berpenghasilan menengah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, ada tiga kunci yang bisa membuat Indonesia keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah. Pertama, kata dia, adalah dari sisi infrastruktur. Masifnya pembangunan infrastruktur dalam beberapa tahun terakhir bisa menjadi modal untuk naik pangkat.

“Negara yang memiliki infrastruktur baik itu punya kans untuk maju menjadi negara dengan berpenghasilan tinggi. Karena dengan infrastruktur berkualitas baik maka penduduknya mampu memiliki produktivitas tinggi,” ujarnya di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).

Kedua, lanjutnya, negara berpenghasilan tinggi harus memiliki kualias sumber daya manusia (SDM) yang baik. Hal itu dibutuhkan untuk mendorong perekonomian negaranya menjadi lebih maju.

“Kita beruntung punya demografi yang mudah dan mayoritas usia produktif. Ini berarti dari sisi pengembangan SDM bagaimana menciptakan human capital yang berkualitas, bukan masalah masyarakat yang lebih menua yang persoalannya lebih pada biaya pemelihara kesehatan,” imbuhnya.

Terakhir, negara maju memerlukan birokrasi yang baik dan efisien. Menurutnya, birokrasi yang buruk justru menjadi tembok besar yang menghalangi upaya negara untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan rendah.

“Untuk negara maju dibutuhkan birokrasi yang efisien dan bersih serta kompeten. Apakah kita mampu menjadi pilar dan bergerak seabagai salah satu negara maju berpenghasilan tinggi. Negara yang masuk middle income trap itu adalah birokrasi yang menjadi penghalang bagi negaranya sendiri,” tegas Sri Mulyani.

“Indonesia punya kans untuk menjadi negara maju dan itu diakui. Dari sisi track record dari beberapa dekade mampu menjaga pertumbuhan ekonomi cukup tinggi dan konsisten,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Sri Mulyani Beberkan Tiga Kunci RI Jadi Negara Berpenghasilan Tinggi