alexametrics

Soal Boeing 373 Max 8, Lion dan Garuda Tunggu Instruksi Kemenhub

12 Maret 2019, 14:32:54 WIB

JawaPos.com – Garuda Indonesia dan Lion Air menyatakan bakal mematuhi instruksi pemerintah. Dua maskapai besar itu memutuskan menghentikan sementara operasional Boeing 373 Max 8.

VP Corporate Secretary PT Garuda Indonesia M. Ikhsan Rosan menegaskan sudah menerima surat edaran dari Kemenhub perihal temporary grounded untuk inspeksi atas seluruh B737 Max yang beroperasi di Indonesia.

“Garuda Indonesia melakukan grounded atas pesawat 737 Max-8 yang berjumlah satu unit sejak sore ini (kemarin, Red) sampai pemberitahuan lebih lanjut,” tegas Ikhsan kemarin (11/3). Dia menambahkan, Garuda Indonesia akan mengedepankan safety dalam seluruh lini operasionalnya.

Soal Boeing 373 Max 8, Lion dan Garuda Tunggu Instruksi Kemenhub
Ilusrtrasi maskapai Garuda Indonesia (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Ikhsan menyebutkan, satu unit Boeing 737 Max-8 yang dimiliki Garuda melayani rute Jakarta-Singapura PP dan Jakarta-Hongkong PP. Ikhsan menegaskan, pesawat tersebut selama ini tak pernah bermasalah. “Beroperasi sejak Januari 2017. Sejauh ini tidak ada masalah,” ujarnya.

Sementara itu, Lion Air mengonfirmasikan bahwa pihaknya memiliki sepuluh pesawat Boeing 737 Max-8. Sepuluh unit Boeing 737 Max- 8 digunakan Lion Air untuk memenuhi berbagai rute baik domestik maupun internasional. Unit itu melayani penerbangan dari dan menuju Tiongkok, Jeddah, Arab, dan sebagainya. Sedangkan untuk rute domestik, rutenya adalah penerbangan Jakarta-Pangkalpinang PP, Jakarta-Denpasar PP, dan lain-lain.

Corcom Strategic Lion Air Group Danang Mandala P. tadi malam menjelaskan, Lion Air telah menghentikan sementara pengoperasian sepuluh pesawat itu sampai waktu yang ditentukan kemudian. “Lion Air terus berkomunikasi dengan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dalam kaitan menyampaikan informasi serta data-data pengoperasian pesawat Boeing 737 Max-8,” tambah dia.

Menurut Danang, upaya itu bertujuan memastikan keselamatan penerbangan. Dia menegaskan, pihaknya juga melaksanakan prosedur pengoperasian pesawat sesuai dengan aturan dan petunjuk pabrik pembuat pesawat. Hal itu meliputi pemeliharaan pesawat, pengecekan komponen pesawat, dan pelatihan awak. 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (agf/c11/oni)

Copy Editor :

Soal Boeing 373 Max 8, Lion dan Garuda Tunggu Instruksi Kemenhub