alexametrics

Pilih Beli Pesawat 737 MAX-8 , Ini Keunggulan Versi Boeing kepada Lion

12 Maret 2019, 15:11:47 WIB

JawaPos.com – Maskapai Lion Air mengkandangkan 10 pesawat Boeing 737 MAX-8 menyusul perintah Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Pehubungan untuk menghentikan sementara terkait jatuhya pesawat yang sama yang dioperasikan Ethiopian Airlines.

Kedua maskapai ini menggunakan pesawat Boeing dengan tipe yang sama, yakni 737 MAX-8. Entah secara kebetulan atau tidak, pesawat tersebut mengalami kecelakaan. Lion Air JT610 mengalami kecelakaan di Perairan Tanjung Karawang, sementara itu Ethiopian Airlines pesawatnya mengalami insiden usai tak lama lepas landas dari Addis Ababa.

Managing Director Lion Air Group Daniel Putut Kuncoro mengatakan, ada beberapa keunggulan yang dijanjikan pesawat model baru milik Boeing itu yang membuat pihaknya tergiur untuk memboyongnya. Salah satunya adalah Boeing 737 MAX 8 bisa terbang lebih lama tanpa mengisi bahan bakar mencapai 7 jam 30 menit.

“Efisien karena menekan biaya (operasional). Khususnya bahan bakar yang cost-nya sangat tinggi. Mereka janjikan efisiensi (penggunaan) dari bahan bakar mencapai 11 persen,” ujarnya di Jakarta, Selasa (12/3).

Daniel mengungkapkan bahwa komponen bahan bakar berkontribusi besar terhadap cost perusahaan. Atas dasar itulah pihaknya tertarik untuk membeli 200 unit lebih pesawat jenis tersebut.

“Khususnya di bahan bakar, sekarang cost bahan bakar aja sangat tinggi 30-40 persen,” ungkapnya.

Sekedar informasi, nilai pesanan dari pesawat tersebut yakni sebesar USD 22 miliar. Saat ini, maskapai berlogo singa merah ini mengoperasikan 10 pesawat Boeing 737 MAX-8. Seharusnya, Lion memiliki 11 pesawat, namun satu lainnya mengalami insiden kecelakaan.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi


Close Ads
Pilih Beli Pesawat 737 MAX-8 , Ini Keunggulan Versi Boeing kepada Lion