alexametrics

Kemenhub Buka Angkutan Motor Gratis Saat Mudik, Ini Daftar Lokasinya

12 Februari 2018, 19:05:37 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis tahun 2018. Pendaftaran angkutan motor gratis (Angkutan Motis) ini dibuka sejak 9 Februari 2018 lalu.

Direktur Jenderal Perekeretaapian, Zulfikri mengatakan, pelaksanaan ini kembali dibuka guna mewujudkan angkutan Lebaran yang aman, nyaman, dan menjamin keselamatan khususnya bagi pemudik yang terbiasa menggunakan sepeda motor selama perjalanan mudik Lebaran.

“Kenapa? Satu sebab utama adalah tingkat kecelakaan yang melibatkan sepeda motor cukup signifikan,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (12/1).

Kemenhub Buka Angkutan Motor Gratis Saat Mudik, Ini Daftar Lokasinya
Mudik pakai motor (Dok. Jawapos.com)

Dia melanjutkan, program yang dilaksanakan sejak 2014 itu mampu mengurangi tingkat kecelakaan. “Program ini kita lakukan dari tahun ke tahun. Selama masa penyelenggaraan tingkat kecelakaan cukup baik,” sambungnya.

Di samping itu, melalui pelaksanaan angkutan motor gratis ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di jalur-jalur non-tol. Pasalnya, kemacetan di jalan non-tol tersebut banyak disebabkan oleh kesemerawutan pengendara sepeda motor.

“Dengan beberapa sepeda motor kita alihkan, kemacetan juga berkurang karena faktor gangguan sepeda motor di jalan itu cukup tinggi. Motor itu bukan berarti kecil, tapi gerakan yang seenaknya membuat tingkat kemacetan besar,” jelas dia.

Lebih lanjut, untuk mengikuti Angkutan Motis 2018, masyarakat wajib mendaftar serta melengkapi persyaratan dan ketentuan melalui pendaftaran online maupun pendaftaran langsung pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id dan dilanjutkan dengan proses verifikasi langsung peserta yang dilaksanakan pada 9 Februari 2018 s/d 24 Juni 2018.

“Bagi peserta Angkutan Motis 2018 akan difasilitasi untuk dapat memesan tiket KA Penumpang maksimal untuk 3 (tiga) orang, baik KA Ekonomi PSO, KA Ekonomi Non-PSO, serta KA Tambahan sampai hari ke-30 (tiga puluh) penjualan KA Tambahan,” tandasnya.

Pendaftaran Angkutan Motis 2018 dilaksanakan di 13 stasiun, yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong. Pendaftaran langsung motor untuk arus balik, dilaksanakan di Stasiun persinggahan KA Motis di daerah-daerah yang dilaksanakan pada 9 Mei s/d 24 Juni 2018.

Masa Angkutan Motor Gratis Tahun 2018 akan dilaksanakan selama 13 (tiga belas) hari, yaitu untuk arus mudik dilaksanakan selama 6 hari dimulai dari 8 s/d 13 Juni 2018 untuk arus balik dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari 19 Juni sampai dengan 25 Juni 2018.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/hap/JPC)



Close Ads
Kemenhub Buka Angkutan Motor Gratis Saat Mudik, Ini Daftar Lokasinya