alexametrics

Kemenhub Tunjuk Pelindo III sebagai Operator Pelabuhan Patimban Subang

12 Januari 2021, 17:36:56 WIB

JawaPos.com – Pemerintah menunjuk PT Pelindo III sebagai operator sementara Pelabuhan Patimban Subang yang baru saja dioperasikan. Penunjukan BUMN yang kini telah mengelola 40 pelabuhan ini diharapkan bisa memenuhi pelayanan transportasi dan kebutuhan logistik lewat transportasi laut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut (Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Purnomo menyatakan, Pelabuhan Patimban terus diupayakan agar semakin hidup sehingga bisa menggerakan perekonomian bertumbuh dengan lebih cepat.

“Pelindo III yang telah mengelola 44 Pelabuhan se Indonesia dipercaya Pemerintah untuk menjadi pengelola sementara Pelabuhan Patimban ini,” kata Agus dalam keterangannya disela launching Pelayaran Perdana Lintas Penyeberangan LDF (Long Distance Ferry) di Pelabuhan Patimban Subang.

Direktur Utama PT Pelindo III U. Saefudin Noer mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah yang menugaskan Pelindo III sebagai operator sementara pelabuhan Patimban.

“Pelindo III group sedang terus menyiapkan operasi pelabuhan Patimban untuk melaksanakan amanah ini dan berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan,“ ujar Saefudin

Menurutnya, Pelindo III melibatkan anak usahanya PT Terminal Teluk Lamong yang berpengalaman dalam operasi kelas internasional.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, penetapan lintas Patimban – Panjang bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan beban jalan akibat volume kendaraan yang besar serta dimensi dan volume muatan kendaraan yang menyalahi ketentuan Over Dimension Over Load (ODOL) serta mengurangi tingkat polusi udara dari emisi gas buang angkutan jalan.

“Hal ini juga untuk memperlancar distribusi logistik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan sekitarnya karena Pelabuhan Patimban memiliki peran strategis dalam pertumbuhan perekonomian di wilayah Jawa Barat maupun secara nasional,” jelas dia.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin


Close Ads