JawaPos Radar

Alasan Kemendag Tunjuk PPI Sebagai Pengimpor Beras

12/01/2018, 18:36 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Alasan Kemendag Tunjuk PPI Sebagai Pengimpor Beras
beras (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengimpor beras pada akhir Januari 2018. Untuk impor beras ini, Kemendag menunjuk PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), bukan dari Bulog.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengungkapkan alasannya menunjuk PPI sebagai pengimpor beras premium. Menurutnya, penunjukkan PPI agar tidak terjadi isu beras oplosan.

"Kenapa tidak Bulog? Supaya jelas. Daripada nanti timbul lagi persoalan bahwa beras ini dioplos, dinikmati, atau berbagai hal lainnya," katanya, di Kantor Kemendag, Jakarta (12/01).

Alasan Kemendag Tunjuk PPI Sebagai Pengimpor Beras
Mendag Enggartiasto Lukita (Dok. Jawapos.com)

Dia menjelaskan, PPI merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dengan menunjuk PPI, Kemendag bisa mengendalikan dan bisa menyuplai beras tersebut ke pasaran. Mendag menegaskan impor beras ini dilakukan untuk mengisi stok beras sampai Maret nanti.

"Insya Allah, akan masuk ke sini sejak akhir Januari. Ini untuk mengisi ketersediaan sampai saat panen nanti," lanjutnya.

Enggar pun menambahkan, saat hari panen tiba, Bulog diwajibkan membeli beras langsung dari petani sesuai ketentuan dan harga acuan yang telah ditetapkan.

(sab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up