JawaPos Radar

Tegas! Ancaman Polri pada Mafia Pangan yang Suka Mainkan Harga

11/12/2017, 14:35 WIB | Editor: Mochamad Nur
Tegas! Ancaman Polri pada Mafia Pangan yang Suka Mainkan Harga
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto ()
Share this

JawaPos.com - Kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun baru menjadi polemik yang sering terjadi di masyarakat. Momen-momen hari besar nasional sering dimanfaatkan oleh oknum pedagang atau pengusaha nakal dengan menaikkan harga barang.

Menanggapi hal ini Polri memberikan warning kepada oknum tersebut untuk tidak melakukan kecurangan itu lagi. Terutama menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kita selalu melakukan warning (kepada oknum), kita kan sudah ketahui oknum-oknumnya yang suka bermain," ungkap Kabid Humas Polri Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/12).

Menurut Setyo Kepolisian siap memberikan sanksi tegas kepada para mafia apabila masih melakukan kecurangan. Sanksi sendiri bisa berupa pidana.

"Bisa dikenakan Undang-Undang Pangan, Undang-undang Usaha bisa, hukumannya bisa berupa hukum pidana," pungkas Setyo.

Polri juga memprediksi daerah-daerah potensial yang bisa mengalami kenaikan harga di Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Maluku, Nusa Tenggara Timur atau tempat-tempat yang mayoritas penduduknya merayakan Hari Raya Natal.

Untuk mengantisipasi oknum nakal, Polri juga akan melakukan operasi pasar secara rutin. Untuk menghindari munculnya kartel-kartel mafia pangan baru muncul. Operasi ini juga akan melibatkan Badan POM untuk meninjau kualitas pangannya.

(ce1/sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up