JawaPos Radar

Simak! Kegelisahan Menko Darmin Terhadap Maraknya Produk Impor

11/12/2017, 13:11 WIB | Editor: Mochamad Nur
Simak! Kegelisahan Menko Darmin Terhadap Maraknya Produk Impor
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Dok.JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Maraknya penjualan produk impor di dalam negeri jadi perhatian pemerintah. Pasalnya, produk impor cukup dominan diperdagangkan di dalam negeri menyaingi produk lokal.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pun mengaku jika peredaran barang impor cukup dominan. Bahkan, permintaan terhadap produk impor juga tidak pernah surut.

Hal itu terbukti dari banyaknya marketplace e-commerce yang lebih banyak menjual produk impor dibanding produk dalam negeri. Fakta itu menyiratkan jika produk dalam negeri belum bisa menjadi pilihan bagi industri e-commerce.

"Kalau ditanyakan pada marketplace kita di e-commerce, kita harus akui mereka dominan menjual produk impor. Sangat dominan," ujarnya dalam Seminar Nasional Outlook Industri 2018 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (11/12).

Menurutnya, solusi untuk mengatasi permasalahan itu adalah dengan pengoptimalan sumber daya manusia (SDM) dalam pengembangan e-commerce dan industrinya.

Melalui cara itu, Darmin optimis produk-produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk impor. Sebab, selama ini produk dalam negeri dianggap selalu kalah kualitas dengan produk impor dan harganya juga tak bersaing.

"Persoalanhya ada di kapasitas SDM.  Itu area yang tidak bisa kita jawab segera. Pemerintah punya jawaban ini, walau mewujudkannya secara besar itu masih terbatas," pungkasnya

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up