JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tak Jadi Naik Pun Cukai Rokok Bisa Tutupi Defisit BPJS Kesehatan

11 November 2018, 19:30:59 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Tak Jadi Naik Pun Cukai Rokok Bisa Tutupi Defisit BPJS Kesehatan
Cukai rokok tak naik tahun depan. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rencana kenaikan tarif cukai rokok untuk 2019 akhirnya dibatalkan oleh pemerintah. Kebijakan ini dinilai melawan tren kenaikan cukai rokok rata-rata 10,5 persen yang secara konsisten diambil oleh Presiden Joko Widodo beberapa tahun belakangan.

Pengamat Indef Bhima Yudhistira menyampaikan, padahal hubungan cukai rokok dengan pembiayaan defisit Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebenarnya bisa ditutup semua dengan cukai rokok yang eksisting.

“Penerimaan cukai rokok per tahunnya Rp 100 triliun kenapa hanya menutup defisit yang hanya sebesar Rp 16,5 triliun tidak bisa?,” ujarnya kepada JawaPos.com.com, Minggu (11/11).

Bhima menjelaskan, mekanismenya dapat menggunakan Dana Bagi Hasil (DBH) cukai yang dikhususkan untuk membayar defisit BPJS Kesehatan. “Disini pemerintah kelihatanya masih belum bisa melobi pemerintah daerah (Pemda),” tuturnya.

Kesimpulannya, Bhima menambahkan, andaikan tahun depan cukai rokok tidak naik pun pemerintah bisa tambal defisit BPJS Kesehatan.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up