alexametrics

Jokowi: Bisnis Digital Tak Bisa Dilawan, Tapi Harus Dirangkul

11 Oktober 2017, 17:30:38 WIB

JawaPos.com – Bisnis digital kian marak di Indonesia. Keberadaannya pun dinilai mulai menggerus pasar bisnis konvensional. Presiden Joko Widodo mengatakan, keberadaaan bisnis digital tidak bisa dilawan, tetapi harus dirangkul agar bisa meraih hasil maksimal dalam berbisnis.

“Antisipasi terhadap pergeseran perdagangan dari offline ke online. Perubahan digital sudah tidak bisa dilawan, dan harus dirangkul untuk meningkatkan perdagangan kita,” ujarnya di ICE, BSD, Tangerang, Banten, Rabu (11/10).

Keberadaan era digital, lanjut Jokowi, harusnya bisa dioptimalkan oleh para pelaku usaha. Mereka tidak bisa memaksakan untuk tetap bertahan pada usaha konvensionalnya saja.

Bahkan, Jokowi juga memberi usulan agar kedepannya pasar Indonesia bisa diperkenalkan melalui teknologi digital. “Contoh, kita kenapa tidak buat virtual showroom, jadi interaksinya bisa langsung tanpa harus menunggu expo (pameran),” terangnya.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo itu menyinggung perihal pagelaran Trade Expo Indonesia. DIa mengaku senang pelaksanaannya pada tahun ini semakin menarik. Kedepannya, dirinya berharap penyelenggaraan ini semakin baik kualitasnya.

“Expo harus dibuat semakin menarik bagi pembeli mancanegara yang datang. Saya bangga, setelah 32 tahun TEI sekarang digeser ke Banten. Ke ICE. Sekarang, kualitasnya kelasnya harus kelas dunia. Tidak boleh lagi kecil-kecilan dan fasilitas ala kadarnya. Dan saya lihat TEI tahun ini kualitasnya semakin membaik dan saya minta tahun-tahun berikutnya lebih baik lagi,” pungkasnya. 

Editor : admin

Reporter : (cr4/JPC)


Close Ads
Jokowi: Bisnis Digital Tak Bisa Dilawan, Tapi Harus Dirangkul