alexametrics

Perusahaan Asing Tertarik Sampah Indonesia

11 September 2017, 15:47:03 WIB

JawaPos.com – Deputi Bidang Kedaulatan Maritim dari Kemenko Maritim, Arif Havas Oegroseno menyebut bahwa ada sejumlah negara yang tertarik melakukan investasi dalam pengoptimalan sampah.

Investasi tersebut berupa pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah. Lalu kerja sama dengan salah satu perusahaan komputer di Amerika Serikat (AS), pembuatan kemasan dari plastik yang di daur ulang, dan investasi untuk pengelolaan sampahnya itu sendiri. Nantinya, kerja sama tersebut diwajibkan untuk dijalin dengan perusahaan domestik di Indonesia.

“Ada juga yang tertarik kita sedang kembangkan kerja sama dengan sebuah perusahaan komputer di AS, membuat packaging dari plastik recycle?, kemudian adalagi pemikiran kerja sama investasi asing untuk pengelolaan sampah itu sendiri. Jadi harus dengan domestic company. Jadi ada beberapa mode yang bisa kita lakukan,” ujarnya di Jakarta, Senin (11/9).

Havas menyebut bahwa saat ini perusahaan dari Amerika yang memiliki peluang besar berinvestasi di Indonesia. Sebab, sebelumnya mereka telah melakukan investasi yang serupa di negara lain.

Nantinya, lanjut Havas, bila investasi ini terealisasi, pemerintah ingin mengoptimalkan peran bank sampah dan para pengepul sampah dalam mensukseskan investasi tersebut.

“Kalau yang investasi Amerika ada perushaan dia itu spesialis untuk investasi pengelolaan sampah, mereka berinvestasi ?di beberapa negara dan tertarik kerja sama dengan Indonesia, jadi bisa dikerjasamakan dengan bank sampah, pengepul jadi bisa menciptakan lapangan kerja baru,” pungkasnya.

Editor : admin

Reporter : (cr4/JPC)



Close Ads
Perusahaan Asing Tertarik Sampah Indonesia