alexametrics

Sandiaga Uno: Menghidupkan Kembali Bali Lewat Kunjungan Wisman

11 April 2022, 17:07:49 WIB

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini target 1,4 juta kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia ke Indonesia dapat terpenuhi dalam beberapa periode ke depan. Hal ini mengingat tingginya antusiasme masyarakat maupun pelaku industri di negara tersebut.

“Saya melihat ini kebangkitan ada di depan mata kita, kepulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan tentunya penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat,” katanya saat konferensi pers di Bali, dikutip dari Antara, Senin (11/4).

Sandiaga mengungkapkan minat masyarakat Australia sangat besar terhadap destinasi wisata di Indonesia, terutama Bali. Jetstar, maskapai asal Australia, disebut telah mengoperasikan tiga rute penerbangan langsung ke Bali, yaitu tiga kali per minggu dari Melbourne dan Sydney, serta setiap hari dari Perth.

Salah satu contohnya ialah penerbangan Jetstar Australia dari Sydney ke Denpasar Bali pada 10 April 2022 yang terisi penuh dengan total 335 penumpang. Kondisi ini diprediksi akan berlangsung hingga beberapa pekan ke depan mengingat di Australia memasuki masa libur Paskah.

“Melonjaknya permintaan wisman Australia juga disebabkan oleh sejumlah relaksasi kebijakan yang dilakukan pemerintah Indonesia terkait pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) yang dipermudah, seperti bebas karantina, peniadaan PCR-test saat kedatangan, serta perluasan visa on arrival bagi 43 negara termasuk Australia,” ucap Sandiaga.

Selain itu, pemerintah berupaya meningkatkan aksesibilitas terutama layanan penerbangan guna mengantisipasi tingginya minat kunjungan wisman ke Bali. Upaya ini dilakukan dengan mendorong jumlah wisman dari negara lain untuk mampir beberapa hari di Bali sebelum melanjutkan perjalanan ke Australia dari Bali.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: