alexametrics

Soal Tiket Mahal, Traveloka: Harga Sesuai Maskapai yang Bersangkutan

11 Januari 2019, 19:40:31 WIB

JawaPos.com – Belakangan ini, tarif tiket penerbangan perjalanan domestik lebih mahal dibandingkan keluar negeri. Hal tersebut banyak dikeluhkan oleh masyarakat lantaran mahalnya harga tiket pesawat di aplikasi travel online.

Perusahaan agen perjalanan berbasis online Traveloka mengklaim, untuk penentuan semua tarif maskapai penerbangan termasuk maskapai Low Cost Carier (LCC) di aplikasi sesuai dengan harga yang ditetapkan oleh maskapai yang bersangkutan.

“Terkait dengan harga tiket penerbangan, Traveloka sebagai penyedia pemesanan tiket mengikuti harga yang ditetapkan oleh maskapai yang bersangkutan,” kata SVP Business Development Traveloka Caesar Indra kepada Jawapos.com, Jumat (11/1).

Soal Tiket Mahal, Traveloka: Harga Sesuai Maskapai yang Bersangkutan
Ilustrasi maskapai penerbangan Lion Air (DOK.JAWAPOS.COM)

Menurutnya, pihaknya hanya berperan sebagai platform dan menyediakan pemesanan tiket perjalanan, termasuk tiket pesawat sehingga memudahkan konsumen dalam menemukan tiket maskapai yang ramah kantong.

“Guna membantu memudahkan perjalanan pengguna, Traveloka memiliki fitur multi-airline, di mana fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk mendapatkan harga termurah dengan kombinasi lebih dari satu airline dalam satu rute,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 telah mengatur mekanisme formulasi perhitungan dan penetapan tarif batas atas dan batas bawah penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal dalam negeri.

Tiket harga penerbangan terdiri dari atau gabungan sejumlah komponen biaya selain basic fare (yang diatur oleh Kementerian Perhubungan), Biaya yakni asuransi, PPN, dan PSC yang juga cukup besar.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Soal Tiket Mahal, Traveloka: Harga Sesuai Maskapai yang Bersangkutan