JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pacu Skala Bisnis, UMKM Didorong Manfaatkan Teknologi Digital

11 Januari 2019, 09:49:11 WIB
Pacu Skala Bisnis, UMKM Didorong Manfaatkan Teknologi Digital
Ilustrasi furniture yang banyak dikembangkan pengusaha UMKM (DOK.JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com – Perkembangan dunia digital memungkinkan usaha kecil dan menengah (UKM) untuk tumbuh. Tidak terkecuali usaha yang dijalankan dari rumah oleh para perempuan.

Ketua Umum Wanita Sarekat Islam (WSI) Wilayah Jawa Timur Dewi Mufarojah menuturkan, perempuan memiliki potensi besar untuk mulai mengembangkan bisnis. Juga, mendorong tumbuhnya usaha lokal di daerahnya. Karena itu, mereka harus dibekali keterampilan sehingga mengetahui cara mengolah produk yang memiliki nilai jual.

”Contohnya, ada ibu-ibu menjual kopra, itu cuma dijual saja ke tengkulak. Padahal, kalau diolah lagi, banyak manfaatnya. Bahkan, bisa sampai diekspor dan jadi kerajinan padat karya,” ujarnya seperti dikutip Jawa Pos, Jumat (11/1).

Berdasar BPS, jumlah perempuan yang memiliki usaha sendiri mencapai 40 persen dari seluruh pelaku wirausaha.

Menurut Dewi, dengan semakin berkembangnya dunia digital, upaya mengembangkan UMKM bisa lebih mudah. Transaksi juga makin mudah dilakukan. Karena itu, pihaknya mendorong perempuan untuk mulai berwirausaha dengan mengandalkan perkembangan dunia digital.

”Kan banyak itu distributor yang menjual produk dengan harga murah. Lalu, produk itu bisa dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi karena kita menambah nilai produk tersebut,” jelasnya.

Selain pelatihan, ke depan WSI memberikan pendampingan bagi usaha kecil, mulai pemilihan bidang usaha hingga pemasaran. Dewi mengatakan, pihaknya akan membantu permodalan bagi UKM bekerja sama dengan Baznas dan lembaga keuangan lainnya.

Editor           : Mohamad Nur Asikin
Reporter      : ell/c7/fal

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up