alexametrics

Luhut: Pertamina Itu Sumber Kekacauan, Ahok Sosok yang Qualified

10 Desember 2019, 10:49:53 WIB

JawaPos.com – Terkait status aktif Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menuai kontroversi. Sebab, saat ini, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menjabat sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun mengatakan jangan terlalu mempermasalahkan hal tersebut. “Jangan terlalu sensi lah, kalau orang itu qualified ya biarin aja, Pak Ahok itu akan sangat bagus,” jelasnya di kantornya, Jakarta, Selasa (10/12).

Menurut Luhut, Ahok merupakan sosok yang tepat untuk mengawasi Pertamina. Terlebih, saat ini dirasa Pertamina bukanlah BUMN yang sehat.

“Pertamina itu sumber kekacauan paling banyak di sana, kemarin saya ajak dia rapat, saya bilang ke Pak Ahok tuh liatin barang itu (Pertamina, dia kan senang yang gitu-gituan. Orang yang nggak suka ngeliat dia (Ahok) tuh orang yang nggak suka diperiksa, yang nggak suka jujur,” tambahnya.

Sebelumnya, terkait posisi di partai, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menegasakan, sampai saat ini tidak ada aturan yang menyebutkan jika sudah menjadi pejabat di BUMN, maka harus mundur dari kader partai. Apalagi Ahok juga bukan pengurus partai.

“Ya peraturannya kan tidak. Ada enggak aturan yang mengharuskan dia mundur sebagai anggota biasa,” ujar Djarot di Gedung DPR, Jakarta, Senin (25/11).

Ia menilai, sikap tegas Ahok justru dibutuhkan di tubuh Pertamina. Hal itu guna merubah kebiasaan buruk yang selama ini dilakukan oleh jajaran Pertamina.

“Kalau menurut saya ungkapan yang keras, tegas itu dibutuhkan. Itu berbeda dengan kasar. Kadang untuk bisa menjebol kemapanan yang tak bagus butuh juga kayak gitu,” kata dia.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads