JawaPos Radar

Sosok Pria 46 Tahun Ini Bakal Gantikan Posisi Jack di Alibaba

10/09/2018, 11:50 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Sosok Pria 46 Tahun Ini Bakal Gantikan Posisi Jack di Alibaba
CEO Alibaba Group Jack Ma resmi memgundurkam diri saat ulang tahun ke-54 tahun (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pendiri e-commerce terbesar Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma dikabarkan bakal segera pensiun pada 10 September 2019. Direktur Utama Alibaba Daniel Zhang disebut bakal menggantikan Jack Ma. Jack Ma yang baru saja berulang tahun ke-54 itu telah melepaskan jabatannya sebagai Chief Executive pada 2013.

Sedangkan, Zhang yang baru berusia 46 telah bekerja di Alibaba sejak 2015. Sebelumnya ia menjabat sebagai Chief Operating Officer dan dikenal juga sebagai perancang utama dari Alibaba’s Singles Day yang menjadi event belanja online terbesar di dunia.

"Di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah melihat pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 kuartal berturut-turut. Memulai proses meneruskan obor Alibaba kepada Daniel dan timnya adalah keputusan yang tepat pada saat yang tepat," kata Jack Ma dalam surat yang dirilis oleh perusahaan dilansir dari Reuters, Senin (10/9).

Jack Ma mendirikan Alibaba pada 1999, yang membawanya menjadi salah satu orang terkaya di Tiongkok dengan kekayaan bersih USD 36,6 miliar, menurut Forbes. Perusahaan ini telah berkembang hingga memiliki lebih dari 66.000 karyawan penuh waktu dan nilai pasar sekitar USD 420 miliar.

Ma mengatakan bahwa setelah ia mengundurkan diri dari perannya saat ini, ia akan terus membimbing manajemen sebagai bagian dari 'Alibaba Partnership', sebuah kelompok manajer perusahaan beranggotakan 36 orang.

Sejak menyerahkan peran CEO-nya, Ma disibukkan dengan kegiatan filantropi dan mempromosikan Alibaba secara internasional di bisnis dan acara politik.

Tahun lalu Ma menginvestasikan 300 juta yuan (USD 45 juta) dalam proyek pendidikan pedesaan di Tiongkok. Dia juga telah membentuk program beasiswa di Newcastle, Australia.

Ma, yang juga mengontrol afiliasi pembayaran Alibaba Ant Financial [ANTFIN.UL], mundur di tengah-tengah masa yang menantang bagi perusahaan teknologi Tiongkok karena penjualan di timur Tiongkok menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

(ce1/uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up