JawaPos Radar

Gara-gara Trump, Harga Jual Sejumlah Produk Apple Terancam Naik

10/09/2018, 08:52 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Gara-gara Trump, Harga Jual Sejumlah Produk Apple Terancam Naik
Ilustrasi: iPhone dengan perangkat pengisian daya. (Dok. AppleInsider)
Share this image

JawaPos.com - Ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok sebagai dampak perang dagang belum ada tanda-tanda akan berakhir. Rencana Presiden Donald Trump untuk menambah tarif sejumlah barang impor negeri tirai bambu hingga USD 200 miliar, memicu pembalasan dari Xi Jinping untuk mengenakan tarif impor senilai USD 60 miliar untuk negara adidaya.

Hal ini membuat sejumlah raksasa teknologi asal negeri Paman Sam jadi khawatir. Tak terkecuali perusahaan yang memiliki kapitalisasi senilai satu triliun dollar, Apple. Apple berkirim surat kepada perwakilan perdagangan Amerika Serikat. Intinya apabila Trump tetap bersikeras menambahkan tarif ke sejumlah barang impor maka Apple Watch, AirPods dan Apple Pencil bisa naik.

Rencana itu juga akan memukul harga HomePod, Macbook Mini, adaptor serta pengisi daya untuk sejumlah produk. Akibatnya, konsumen harus membayar lebih untuk produk Apple.

Gara-gara Trump, Harga Jual Sejumlah Produk Apple Terancam Naik
Presiden AS Donald Trump (Dok.AFP)

“Sulit untuk melihat bagaimana tarif yang merugikan perusahaan AS dan konsumen AS akan memajukan tujuan Pemerintah sehubungan dengan kebijakan teknologi China,” kata Apple dalam surat itu dilansir Jawapos.com dari CNBC, Senin (10/9).

Dalam suratnya, Apple tidak menyebutkan berapa perkiraan kenaikan tarifnya. Yang pasti Apple berharap bahwa Trump dan tim ekonominya dapat mempertimbangkan secara matang langkah-langkah yang akan diambil. Sehingga membuat ekonomi Amerika Serikat bisa lebih kuat dan sehat dari sebelumnya.

“Kami berharap, sebaliknya, bahwa Anda akan mempertimbangkan kembali langkah-langkah ini dan bekerja untuk mencari solusi yang lebih efektif sehingga membuat ekonomi AS dan konsumen AS lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya," kata Apple dalam surat yang ditujukan pada United States Trade Representative.

Trump, pada Sabtu (8/9) mencuit bahwa Apple harus membuat produk di Amerika Serikat jika ingin menghindari tarif pada impor Tiongkok. Taipan properti itu mengatakan harga Apple mungkin meningkat karena tarif besar yang di Tiongkok, tetapi ada solusi mudah di mana akan ada insentif pajak.

“Jadikan produk Anda di Amerika Serikat, bukan Cina. Mulai buat tanaman baru sekarang,” cuitnya.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up