alexametrics

Gabungan BUMN Siapkan 30 Ribu Tiket Mudik Gratis

10 Mei 2019, 22:39:50 WIB

JawaPos.com – Kebutuhan tiket kapal laut dan bus untuk keperluan mudik tiap tahun meningkat. PT Pelindo III pun mempersiapkan transportasi gratis untuk mempermudah kebutuhan mudik masyarakat pada Idul Fitri tahun ini.

Untuk memperlancar momen mudik, Pelindo III bekerja sama dengan BUMN lain. Kerja sama dengan PT Pelni dan PT DAMRI merupakan salah satu Program Mudik Bareng 2019 dari Kementerian BUMN.

Tahun ini Pelindo III memberikan total 30 ribu tiket mudik. Permintaan tiket terus meningkat tiap tahun. Pada 2017, Pelindo memberangkatkan 6 ribu orang, kemudian meningkat pada 2018 menjadi 14 ribu pemudik. Jumlah tiket tahun ini pun ditambah dari rencana awal.

Sebelumnya, Pelindo III berencana membagikan 17,5 ribu tiket mudik. “Melihat animo tingginya pemudik yang sudah mendaftar, Pelindo III menambah kuota tiket secara bertahap sesuai kebutuhan lapangan,” ucap Direktur Utama Pelindo III Doso Agung kemarin.

Gabungan BUMN, PT Pelindo, Pelni, dan Damri melayani mudik gratis untuk masyarakat yang pulang kampung pada Idul Fitri 2019/1440 H. (Dok. JawaPos.com)

Jumlah tiket itu terdiri atas 2 ribu tiket kapal laut yang akan dilayani PT Pelni. Terdapat lima rute kapal penyeberangan dari Kalimantan ke Jawa. Dengan pelabuhan tujuan Tanjung Perak dan Tanjung Emas. Semua tiket perjalanan diberikan gratis. Keberangkatan kapal tersebut dimulai enam hari sebelum hari raya Idul Fitri.

Terdapat pula 28 ribu tiket bus yang dilayani PT DAMRI. Bus itu akan mengantarkan pemudik ke berbagai kota tujuan mudik di Pulau Jawa. Doso mengatakan, pemudik yang tiba di pelabuhan dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan bus yang telah disediakan.

Bus itu pun sudah tersedia H-6 hari raya Idul Fitri. “Dengan berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Pelindo III akan bersinergi dengan PT DAMRI dan operator bus swasta lainnya untuk menambah tiket bus,” ujarnya. (ell/c25/oki)

Editor : Ilham Safutra