JawaPos Radar

Benahi Infrastruktur Pertanian, Pemerintah Bangun Waduk dan Irigasi

10/05/2016, 13:06 WIB | Editor: Mochamad Nur
Benahi Infrastruktur Pertanian, Pemerintah Bangun Waduk dan Irigasi
Ilustrasi (Dok Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com- Janji Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) memperbaiki infrastruktur pertanian mulai diwujudkan. Dalam setahun terakhir, setidaknya enam bendungan baru telah dioperasikan,  200 ribu hektar pencetakan  lahan baru mulai digarap dan 500 ribu hektar rehabilitasi irigasi lahan persawahan  mulai dikerjakan.

“Bangun infrastruktur itu butuh waktu, paling cepat tiga tahun,” ujar Dirjen Sumber Daya Air Mujiadi kepada pers di Jakarta, Selasa (10/5).

Pemerintahan Jokowi-JK  berharap bisa membangun 49 bendungan baru, satu juta lahan beririgasi  baru dan rehabilitasi  tiga juta lahan persawahan bisa dikerjakan hingga 2019.

Tahun lalu, pemerintah telah mengoperasikan enam bendungan baru yang telah dibangun sejak Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. Tahun ini, satu bendungan baru siap dioperasikan di Kalimantan Timur.

Mudjiadi berharap 29 bendungan dari rencana pembangunan 49 bendungan baru bisa dioperasikan hingga 2019. Dengan begitu, lahan beririgasi tehnis anak dari dari 800 ribu hektar di 20014 menjadi 1,4 juta hektar 2019. “Perbaikan irigasi diharapkan bisa meningkatkan produksi padi nasional,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, pemerintah setiap tahun mengalokasikan dana sekitar Rp 20 triliun dari total anggaran  Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) yang mencapai Rp 30 triliun per tahunnya.(nas/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up