alexametrics

Penumpang Meningkat, Penyeberangan Butuh Dermaga

8 Juni 2019, 10:06:02 WIB

JawaPos.com – Melejitnya harga tiket pesawat memberikan angin segar bagi para pengusaha kapal penyeberangan. Apalagi, kebutuhan masyarakat untuk bepergian saat Lebaran seperti sekarang meningkat. Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai dan Penyeberangan (Gapasdap) yakin jumlah penumpang kapal masih terus meningkat. Apalagi, musim liburan sekolah sudah tiba.

’’Di samping harga yang sangat mahal, banyak rute yang kini tutup. Berkurangnya penerbangan ini bisa mencapai 40 persen,” kata Ketua Gapasdap Khoiri Soetomo seperti dikutip Jawa Pos, Sabtu (8/6).

Pengguna pesawat kini beralih ke kapal. Terutama mereka yang harus menempuh perjalanan antarpulau. Menurut dia, kapal adalah alternatif yang paling masuk akal.

’’Kita ini diharapkan menjadi dewa penolong lah. Yang sudah ditolak karena pesawat mahal dan banyak rute tutup, apalagi kalau bukan naik kapal?” ujar Khoiri.

Sayang, industri penyeberangan masih menghadapi banyak kendala. Khoiri menyebutkan, minimnya jumlah dermaga mengakibatkan industri itu kurang berkembang. Sebab, kinerja kapal tak bisa maksimal. ’’Membangun dermaga kan tidak sulit. Membangun dermaga juga jauh lebih murah ketimbang membangun bandara,” ucapnya.

Dia menambahkan, kapal penyeberangan menjadi kebutuhan penting. Bukan hanya untuk masyarakat awam, tapi juga pengusaha. Sebab, penyeberangan masih jadi salah satu penopang industri logistik antarpulau. Menurut Khoiri, jumlah kapal yang sudah berlebih hanya bisa diimbangi dengan penambahan dermaga.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ell/c18/hep