alexametrics

Pasar Saham Diramal Terkonsolidasi Selama Ramadan

8 April 2021, 19:34:23 WIB

JawaPos.com – Pasar saham Indonesia masih dibayangi oleh sentimen ketidakpastian virus Covid-19 yang akan memengaruhi transaksi bursa saham dan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, memprediksi nilai transaksi saham akan terkonsolidasi pada April 2021, seiring dengan kondisi makro ekonomi domestik yang belum bertenaga dan momentum puasa.

Investment Information Head Mirae Asset Sekuritas Roger meramalkan, nilai transaksi bursa saham akan terpangkas menjadi kisaran Rp 9 triliun per hari. Angka tersebut turun secara rata-rata dari Januari, Februari, serta Maret yang masing-masingnya Rp 20 triliun, Rp 15 triliun, dan Rp 10 triliun per hari.

Selain itu, puasa juga biasanya akan membuat nilai transaksi harian lebih lesu dibandingkan dengan sebelumnya. IHSG akan terkonsolidasi downtrend dikisaran support 5.892-5.735 serta resisten 6.195-6.281.

“April ada kemungkinan turun tipis menjadi sekitar Rp9 triliun per hari,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (8/4).

Roger menjelaskan, terdapat dua faktor positif yang dapat mendukung pergerakan IHSG ke depannya, diantaranya, laporan kinerja keuangan emiten sepanjang 2020 dan kuartal I 2021. Kedua adalah aksi korporasi beberapa emiten, terutama musim dividen.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri





Close Ads