alexametrics

Sinergi BUMN Katrol Keuntungan, 4 Tahun Jadi Rp 200 T

8 April 2019, 16:40:12 WIB

JawaPos.com – Untuk mendongkrak kinerja, BUMN bakal lebih aktif meningkatkan kerja sama. Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan, sinergi tersebut dapat memperkuat lini bisnis perusahaan pelat merah.

”Waktu saya dipilih jadi menteri di akhir 2014, keuntungan BUMN waktu itu Rp 143 triliun. Akhir tahun lalu, karena semua BUMN bekerja sama, untungnya sudah di atas Rp 200 triliun,” kata Rini dalam rangkaian HUT Ke-21 Kementerian BUMN di GOR Delta, Sidoarjo, kemarin (7/4).

Ke depan, Rini berharap sinergi antar-BUMN dapat terus dilakukan. Dia menargetkan keuntungan BUMN dapat terus meningkat hingga lebih dari Rp 200 triliun.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengungkapkan, sinergi BUMN dapat meningkatkan efisiensi dan mencakup kerja sama business-to-business (B-to-B)”Sinergi BUMN berpotensi meningkatkan efisiensi proses bisnis antar-BUMN dan layanan,” sahutnya. Hasil dari sinergi BUMN juga diharapkan mendukung masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Doso menambahkan, dalam perayaan ulang tahun BUMN tersebut, banyak warga yang mengaktifkan aplikasi LinkAja. Bahkan, pembelian makanan pada tenant UKM lokal pun menggunakan aplikasi tersebut. Menurut dia, aplikasi LinkAja kini dapat mempermudah pembayaran nontunai baik di tenantmodern maupun UKM lokal.

Menteri BUMN Rini Soemarno dalam rangkaian HUT Ke-21 Kementerian BUMN di GOR Delta, Sidoarjo, Minggu (7/4). (Frizal/Jawa Pos)

Pada kesempatan yang sama, PT BTN Tbk menggandeng PT Telkom Tbk bekerja sama meningkatkan layanan kepada nasabahnya. Nasabah BTN nanti bisa mendapatkan layanan IndieHome dengan tarif yang terjangkau. Direktur Utama BTN Maryono menargetkan kerja sama tersebut dapat meningkatkan fee based income BTN dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Adanya kerja sama itu diharapkan dapat menggaet nasabah lebih banyak dengan adanya sinergi B-to-B antar-BUMN.

Perayaan ulang tahun Kementerian BUMN menjadi ajang gathering perusahaan milik negara itu di wilayah Jawa Timur. Dalam festival rakyat tersebut, hadir jajaran direksi perusahaan, juga mitra binaan UKM BUMN. Beberapa direksi yang hadir, antara lain, Direktur Utama PT Telkom Tbk Alex J. Sinaga, Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Kartika Wiroatmojo, Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PTPN XII M. Cholidi, dan beberapa BUMN lainnya. Sebelumnya, Kementerian BUMN bersama perusahaan BUMN menggelar kegiatan sosial dan edukatif yang telah dilakukan pada Maret-April 2019. (ell/c17/oki)

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : (ell/c17/oki)



Close Ads