alexametrics

PLN Genjot Rasio Elektrifikasi Jatim

8 April 2019, 07:30:30 WIB

JawaPos.com – PT PLN (Persero) terus menggenjot rasio elektrifikasi di Jatim. Terutama di pulau Madura. Sampai akhir tahun 2019, pihaknya menargetkan bisa mencapai angka rasio elektrifikasi di Jatim sebesar 96,39 persen. Saat ini masih berada di kisaran angka 93 persen.

Direktur Regional Bisnis PLN Jawa bagian Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Djoko Abumanan mengatakan, beberapa wilayah di Jatim yang masih minim listrik antara lain Madura, Situbondo, Bondowoso, dan daerah timur lainnya.

”Hal itu terjadi bukan karena kami tidak memiliki jaringan untuk menjangkau area tersebut. Tapi masyarakat di sana memang belum mampu untuk memasang instalasi listrik,” tuturnya saat kegiatan pemberian sambungan listrik gratis di Sumenep, Sabtu (6/4). Sebab, biaya untuk memasang satu sambungan sekitar Rp 550 ribu.

Karena itu, perusahaan plat merah tersebut tahun ini akan agresif memberikan bantuan sambungan listrik kepada warga yang tidak mampu demi meningkatkan rasio elektrifikasi. Djoko menjelaskan, di Madura sendiri masih ada 133.723 kepala keluarga (KK) yang belum teraliri listrik. ”Sampai akhir April ini kami targetkan bisa memberikan sambungan listrik gratis ke 5 ribu KK yang tidak mampu. Yang sudah terealisasi sekarang sebesar 1.843 KK,” tuturnya.

Dalam program gratis tersebut, warga memperoleh penyambungan listrik daya sebesar 450 VA. Sebelum ada sambungan gratis seperti itu, mayoritas warga berbagi listrik dengan tetangga sebelahnya. Tidak mandiri. ”Dengan pemasangan listrik gratis ini, masyarakat bisa menghemat pengeluaran bulanannya karena sudah tidak numpang listrik lagi,” tutur Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

Editor : Mohamad Nur Asikin



Close Ads