alexametrics

Sinovac Biotech Sebut Produknya Ampuh Lawan Omicron

8 Februari 2022, 17:22:36 WIB

JawaPos.com – Sinovac Biotech Ltd menyebut, produknya ampuh melawan virus Covid-19 varian Omicron. Vice President of Sinovac Biotech Ltd, Mr. Weining Meng menyampaikan, produknya terbukti efektif dalam penggunaan vaksin ketiga atau booster.

Menurutnya, hal tersebut sudah dibuktikan dalam penelitian hasil kerjas sama beberapa ilmuan asal Tiongkok pada 28 Januari 2022 lalu. Penelitian tersebut telah mengevaluasi tingkat antibodi seseorang terhadap Omicron setelah mendapat dua hingga tiga dosis vaksin Sinovac.

“Hanya mendapatkan dua dosis saja, antibodinya sangat tinggi, dan bisa melawan Omicron,” kata Mr. Weining dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (8/2).

Weining mengungkapkan, hasil penelitian tersebut juga membuktikan efektivitas vaksin Sinovac terhadap dosis ketiga atau booster mampu membuat peningkatan antibodi naik bahkan mencapai 95 persen. “Dosis booster Coronavac cukup memadai untuk diberikan kepada populasi, untuk meningkatkan perlindungan terhadap Omicron,” tegasnya.

Weining memaparkan, dosis booster yan diberikan atau disuntikkan ke dalam tubuh manusia dapat meningkatkan kadar sel T. Kadar sel T tersebut merupakan sel yang dapat membentuk antibodi seseorang untuk melawan virus Covid-19.

Setelah vaksin dosis ketiga dilakukan, respon sel T ternyata tetap di tingkat yang sama, pada respon sel T terhadap varian asli atau sebelumnya. “Vaksin booster bisa membangkitkan sel T, untuk merespon Omicron. Walaupun Omicron ini mutasi baru dari virus Covid-19,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: