JawaPos Radar

Kendala Pembebasan Lahan, Tol Manado-Bitung Baru Rampung 14,97 Persen

08/02/2018, 08:05 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Kendala Pembebasan Lahan, Tol Manado-Bitung Baru Rampung 14,97 Persen
infrastruktur (Dok. JawaPos.com)
Share this

Jawapos.com - Hingga awal Februari 2018, proses pembangunan kontruksi tol Manado-Bitung mencapai 14,97 persen. Pembangunan jalan tol ini terbagi menjadi dua seksi sepanjang 25 kilometer (Km).

Seksi pertama yaitu ruas Air Madidi-Danowudu sepanjang 11,50 Km dan Seksi II B (Danowudu-Bitung) sepanjang 13,50 Km. Sisanya adalah konstruksi Seksi I A Ring Road Manado-Sukur (7,9 Km) dan Seksi I B Sukur-Air Madidi (7 Km) dibangun oleh Pemerintah.

"Untuk Seksi II A (Airmadidi-Danowudu) mencapai 47,456 persen dan Seksi II B (Danowudu-Bitung) mencapai 0,65 persen, sedangkan total progres konstruksi dari kedua seksi tersebut mencapai 14,97 persen," terang Direktur Utama PT JMB, George IMP Manurung, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (8/2).

Khusus seksi II B, lanjutnya, progresnya akan terus ditingkatkan sehubungan dengan baru bertambahnya lahan yang sudah dibebaskan di Januari 2018.

Dalam aspek pembebasan lahan di Seksi II A lahan bebas telah mencapai 97,74 persen sedangkan Seksi II B walaupun terdapat kendala di awal pembebasan namun kondisi terakhir mulai dapat diatasi dengan progres mencapai 59,29 persen.

Tol yang berjarak 39,9 km ini terus dipercepat guna memangkas jarak tempuh kota Manado dan kota Bitung dari yang semula 90 hingga 20 menit, menjadi hanya 45 menit.

"Sejauh ini pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung mengalami progres yang positif. Kami (PT JMB) selalu melakukan percepatan dalam bidang konstruksi dan pembebasan lahan. Dari segi pembebasan lahan, kami menempuh segala upaya, salah satunya adalah dengan melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional maupun PPK Lahan," kata George.

Dia menambahkan, jika sudah beroperasi, Jalan Tol Manado-Bitung akan memangkas biaya logistik secara signifikan karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up