JawaPos Radar

Pecahkan Rekor, Peserta Harbolnas 12.12 Catat Jumlah Tertinggi

07/12/2017, 09:35 WIB | Editor: Mochamad Nur
Pecahkan Rekor, Peserta Harbolnas 12.12 Catat Jumlah Tertinggi
Ketua Panitia Harbolnas 2017 Achmad Alkatiri (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Tren era ekonomi digital membuat para pelaku UMKM digital terus mengembangkan sayapnya. Pergeseran perilaku belanja dari offline ke online terlihat pada peningkatan jumlah peserta (seller) pada momentum Harbolnas 2017 12 Desember atau akrab dikenal dengan 12.12. Jumlahnya mencapai angka tertinggi dari tahun sebelumnya yakni 254 peserta (seller).

Ketua Panitia Harbolnas 2017 Achmad Alkatiri mengatakan tahun ini menjadi tahun dengan jumlah partisipasi e-commerce terbanyak dalam 5 tahun sejarah Harbolnas. Sebanyak 254 pelaku industri akan turut berpartisipasi dan memeriahkan ajang belanja online terbesar di Indonesia dengan menghadirkan berbagai penawaran dan diskon hingga 95 persen bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

"Aware online shopping oleh para UMKM online untuk meningkatkan bisnisnya semakin punya misi bagus. Harbolnas ada sejak 2012 dan kini tumbuh sangat pesat," katanya dalam konferensi pers, Rabu (6/12).

Pecahkan Rekor, Peserta Harbolnas 12.12 Catat Jumlah Tertinggi
Ilustrasi pergudangan salah satu pelaku e-commrece (Istimewa)

Sejak penyelenggaraan Harbolnas Tahun 2012, kala itu baru ada 6 peserta (seller) UMKM digital. Tahun lalu ada 211 peserta yang ikut dalam ajang ini.

"Tahun ini 254 e-commerce join ini jadi rekor baru. Marketplace terus berjalan, UMKM harus bersiap diri hadapi Harbolnas," tegas Achmad.

Roadshow Coordinator Harbolnas 2017 Armando Purba menjelaskan roadshow sudsh digelar di sejumlah kota besar di antaranya Makassar, Surabaya, dan Medan. Sedikitnya ada 300 UMKM digital yang ikut serta dalam roadshow tersebut.

"Kami juga undang beberapa partner, selain soal belanja online kami juga edukasi soal digital payment," papar Armando.

Pihak panitia mengungkapkan sebelum kepanitiaan Harbolnas 2017 dibentuk pada September, sudah banyak para pelaku e-commerce yang tak sabar ingin ikut serta. Dari 254 pelaku e-commerce, sebanyak 25 persen merupakan seller di bidang fesyen dan aksesori. 

(ika/ce1/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up