JawaPos Radar

Refly Harun Dicopot, Fadli Zon Kecewa Hasil RUPSLB Jasa Marga

07/09/2018, 13:56 WIB | Editor: Estu Suryowati
Refly Harun Dicopot, Fadli Zon Kecewa Hasil RUPSLB Jasa Marga
Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyayangkan hasil RUPSLB Jasa Marga yang mencopot Refly Harun dari jabatan Komisaris Utama. (Sabik Aji Taufan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyepakati perombakan jajaran direksi dan komisaris. Salah satu yang tergeser yakni pakar hukum tata negara Refly Harun.

Posisinya sebagai komisaris utama (komut) di emiten bursa berkode JSMR itu digantikan oleh Sapto Amal Damandari. Muncul suara, didepaknya Rafly dari jajaran komisaris dikarenakan yang bersangkutan kerap mengritik pemerintah.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menyayangkan hasil RUPSLB JSMR. "Saya sangat apresiasi (sikap kritis Refly) karena sering bertemu di forum," katanya.

"Tapi, sangat disayangkan (kalau) pencopotannya karena (dia dianggap) sering mengritik," imbuh Fadli.

Fadli pun menuding BUMN hanya diisi oleh figur2 yang memiliki kepentingan dengan penguasa. Menurut Fadli, penunjukan orang dengan dasar seperti itu justru akan membuat BUMN semakin merugi.

"Menurut saya sebuah praktik yang jauh dari profesional. Ini juga yang membuat banyak BUMN merugi karena orang yang diletakkan di sana bukan orang profesional. Tapi orang yang bekerja untuk kepentingan politik jangka pendek semua," ungkap Fadli.

Di sisi lain, menurut Fadli, pemerintahan telah membangun sebuah rezim yang disebutkannya antikritik bahkan mengarah ke otoritarianisme. Buktinya, kata dia, banyak tokoh agama pula yang dinilainya bernasib serupa.

"Makin banyak pelarangan-pelarangan terhadap ceramah-ceramah agama. Itu sudah banyak saya kira ustadz dan kiai jadi korban," pungkasnya.

(aim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up