alexametrics

Anak Usaha Semen Indonesia Ekspansi Lewat Produk Baru

7 Juni 2021, 22:03:45 WIB

JawaPos.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui anak perusahaannya PT Mitra Kiara Indonesia berekspansi untuk menambah produk bahan bangunan yaitu Mortal Indonesia. Produk tersebut telah berada di beberapa wilayah seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta serta akan menyusul tersedia di wilayah Medan, Lampung dan Makassar.

Direktur Utama PT Mitra Kiara Indonesia Mirza Whibowo Soenarto mengatakan, penambahan produk tersebut seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan menyesuaikan kebutuhannya bahan bangunan di pasar.

“Akan meningkatkan diversifikasi produk, strategi, inovasi serta mendukung visi besar perseroan,” ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Senin (7/6).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Marketing & Supply Chain SIG, Adi Munandir menyampaikan, produk baru tersebut juga merupakan sebuah pengembangan strategis dari Transformasi SIG yang mengedepankan inovasi pada proses produksi, portofolio produk serta proses bisnis.

Menurutnya, salah satu objektif utamanya adalah transformasi teknologi konstruksi, dimana metode konstruksi konvensional akan tergantikan dengan metode konstruksi modern. Pasalnya, produk tersebut dianggap cepat, ringan dan efisien.

“Di Indonesia, 5 persen metode konvensional on-site mix mortar telah tergantikan dengan metode modern pre-mix mortar yang terkonsentrasi di Pulau Jawa sekitar 73 persen,” imbuhnya.

Untuk memastikan jaminan ketersediaan produk, mutu dan kualitas, lanjutnya, perseroan memiliki pabrik terbesar ketiga se-Indonesia dengan kapasitas produksi 375 ribu ton mortar per tahun. Pabrik yang dibangun di atas lahan seluas dua hektar ini adalah pabrik pertama di Indonesia dengan konsep usaha terintegrasi antar bahan baku mortar, dimana Pabrik MKI berada dalam satu kawasan dengan Pabrik SIG.

“Berbeda dengan produk mortar lainnya, Mortar Indonesia menerapkan sistem Integrated Comprehensive Process dari hulu hingga hilir, dimana seluruh proses produksi, mulai dari pemilihan material hingga pengantongan mortar akan melalui serangkaian quality control yang menyeluruh,” ucapnya.

Pabrik PT Mitra Kiara Indonesia juga dilengkapi dengan fasilitas Research & Development Center (R&D) seluas 400m2 dan dilengkapi dengan sarana serta prasarana yang mutakhir untuk mewujudkan pencapaian pertumbuhan industri bahan bangunan turunan semen di masa depan.

Sebagai informasi, Mortar Indonesia memiliki 5 varian produk yaitu Mortar Indonesia Perekat Bata Ringan (D-1) sebagai perekat untuk aplikasi bata ringan, Mortar Indonesia Perekat Bata & Plester (D-2) sebagai perekat bata dan plester dinding, Mortar Indonesia Acian Plester & Beton (D-3) sebagai acian pada permukaan plester dan beton baik interior maupun eksterior.

Lalu, Mortar Indonesia Perekat Keramik (K-1) sebagai perekat keramik pada dinding dan lantai serta Mortar Indonesia Perekat Granit (K-2) sebagai perekat granit (homogenous tile), keramik maupun batu alam pada dinding dan lantai.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads