Mal Dibuka 15 Juni, APPBI Minta Keringanan Bayar PBB dan Listrik

7 Juni 2020, 14:46:14 WIB

JawaPos.com – Ketua Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, menyampaikan seluruh mal di DKI Jakarta akan dibuka pada 15 Juni 2020 mendatang. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran dari Menkes dan dari Menperdag serta terbitnya Pergub No: 51/2020 dan juga keputusan Gubernur No : 563/2020.

“Mengingat semua pusat belanja juga memiliki moral obligation dan responsibility kepada para tenant dan karyawan dan masyarakat, maka dapat dikatakan semua mal juga akan buka saat tanggal tersebut,” ujarnya dalam pesan singkatnya, Minggu (7/6).

Pihaknya berharap, dengan akan dibukanya kembali pusat belanja di DKI akan turut serta memberikan kontribusi positif atas bergeraknya roda perekonomian Nasional.

Sebab, kata dia, selama pusat belanja ditutup ini dan tidak adanya pemasukan dari biaya sewa, menyebabkan kinerja perusahaan para anggota pusat belanja terguncang.

Sehingga, ia berharap agar pembayaran PBB yang akan jatuh tempo di bulan September ini dapat ditangguhkan sampai dengan September tahun depan, agar semua pihak masih bisa bernafas.

“Sayangnya sampai saat ini tarif PLN serta batasan tarif minimum pemakaian juga tidak kunjung ditanggapi pihak PLN,” ungkapnya.

Padahal, kapasitas pengunjung yang hanya 50 persen pasti berpengaruh terhadap pendapatan para retailer atau tenant. Karena pendapatan para tenant adalah dari traffic pengunjung.

Menurutnya, dampak keganasan covid-19 menimpa semua lini bisnis termasuk pengelola pusat belanja, dimana secara finansial kedua pihak baik pengelola mall maupun tenant juga tidak mendapatkan income sama sekali dan berakhir juga dengan pengurangan tenaga kerja, dimana banyak bisnis lainnya yang terkait dengan pusat belanja juga tidak bergerak.

Editor : Kuswandi

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads