alexametrics

Karyawan Garuda Bersyukur Ari Askhara Dipecat Erick Thohir

6 Desember 2019, 14:54:34 WIB

JawaPos.com – Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) menyambut baik langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencopot Ari Askhara dari kursi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Di mata mereka, Ari merupakan sosok pemimpin kontroversial.

“Kami mendukung respons cepat Pak Erick. Dan selama ini kinerja Ari Askhara, direksi yang selalu kontroversial, sehingga merugikan banyak pihak dari karyawan hingga customer,” ujar Ketua IKAGI Zaenal Muttaqin di Jakarta, Jumat (6/12).

Zaenal menjelaskan beberapa kasus kontroversial Ari, antara lain pemalsuan laporan keuangan Garuda Indonesia 2018. Dalam laporan tersebut, semestinya Garuda membukukan rugi, tetapi malah untung.

Kemudian, suguhan live music akustik di pesawat, serta pengalihan rute penerbangan London dan Amsterdam via Denpasar. Kebijakan lain yakni larangan foto dan video dalam pesawat terhadap penumpang, dan terakhir kasus penyelundupan Harley Davidson.

“Kebijakan aneh Ari Askhara yang merugikan para awak kabin antara lain menghentikan iuran anggota, mempersulit terjadinya Perjanjian Kerja Bersama (PKB), meng-grounded alias melarang terbang para pengurus serikat pekerja, mem-PHK tanpa dasar jelas,” ungkapnya.

Zainal juga mengungkapkan, ada serikat pekerja tandingan yang dibentuk untuk membela kepentingan manajemen. “Cukup banyak kebijakan aneh Ari Askhara selama menjabat Dirut Garuda Indonesia yang benar-benar merugikan awak kabin. Maka dari itu, kami sangat bersyukur Pak Erick memecatnya,” ucapnya.

Namun, sambung Zaenal, pencopotan Ari masih perlu ditindaklanjuti. Kementerian BUMN diharapkan membenahi jajaran direksi Garuda, sehingga tidak ada lagi pemimpin yang merugikan seperti Ari.

Zaenal juga berharap, selepas kepergian Ari, jajaran direksi baru Garuda Indonesia merupakan figur profesional, berakhlak dan beretika baik. Dengan demikian, mampu mewujudkan visi Garuda Indonesia.

“Kami dari awak kabin ingin menjadikan bahwa kasus Ari Askhara adalah sebuah pelajaran penting, sehingga nantinya Garuda Indonesia menjadi perusahaan yang baik,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads