alexametrics

Rini Beberkan Alasan Presiden Jokowi Revisi Target 35 Ribu MW

6 Oktober 2017, 11:15:42 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurunkan target mega proyek pembangkit listrik 35 ribu MW. Hal itu diungkapkannya saat meresmikan PLTU Jawa 7,9 dan 10. Menanggapi hal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyebut target tersebut tidak diturunkan, melainkan disesuaikan.

Pasalnya, hal itu dilakukan karena pertumbuhan ekonomi Indonesia tak kunjung menembus angka 6 persen. Penyebabnya, ekonomi global yang tak kunjung pulih.

Rini Beberkan Alasan Presiden Jokowi Revisi Target 35 Ribu MW
Presiden Joko Widodo (Dok.JawaPos.com)

“Kita sadari betul pertumbuhan ekonomi dunia tidak sebaik yang kita harapkan sejak 2015, meski pertumbuhan ekonomi kita masih tetap menjadi salah satu yang tertinggi di dunia,” ujarnya di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (5/10) malam.

Atas dasar itu, kata Rini, Presiden Jokowi merevisi target proyek listrik 35 ribu MW. Jika dipaksakan, proyek itu dipastikan tidak akan selesai sesuai target.

Di sisi lain, pihaknya juga ingin menjaga agar PT PLN (Persero) tidak terbebani dengan berat.

“(Jadi) perlu lakukan penyesuaian. Program boleh jalan, tapi ini soal waktu,” tuturnya.

“Inilah yang kita sesuaikan. Jangan sampai PLN terbebani dengan tiba-tiba pembangunan banyak tapi pertumbuhan demand tidak setinggi yang diharapkan,” pungkasnya. 

Editor : admin

Reporter : (cr4/JPC)


Close Ads
Rini Beberkan Alasan Presiden Jokowi Revisi Target 35 Ribu MW