alexametrics

Tren Era Digital, Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM Dianggap Lebih Nyaman

6 Juli 2022, 16:09:13 WIB

JawaPos.com – Era digital saat ini membuat masyarakat mengurangi membawa uang tunai. Untuk setiap transaksi pun, masyarakat sangat bergantung dengan ponsel pintar. Makanya, kini layanan tarik tunai di anjungan tunai mandiri (ATM) semakin banyak melayani penarik tanpa kartu (cardless). Kini layanan tanpa kartu pun dibutuhkan untuk yang beda bank.

Head of Secured Lending and Retail Deposit Business CIMB Niaga Christian Tjan menyatakan, layanan tarik tunai tanpa kartu sudah menjadi tren gaya hidup masyarakat di era digital. Masyarakat lebih gemar bertransaksi secara nontunai (cashless) dan tanpa kartu (cardless). Selain mudah, layanan tersebut untuk mengurangi penggunaan kartu ATM/debit berbahan plastik. Beragamnya bank melayani nasabah, masyarakat berupaya mencari lokasi tarik tunai yang mudah di ATM. Terutama ATM yang melayani beda bank.

“Kami menginisiasi implementasi layanan tarik tunai tanpa kartu antarinstitusi perbankan melalui jaringan ATM Bersama,” ujar Christian Tjan di sela-sela peluncuran integrasi layanan tarik tunai tanpa kartu di Griya CIMB Niaga Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (6/7).

Kali ini PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa). Kolaborasi itu untuk tarik tunai tanpa kartu beda bank menggunakan jaringan ATM Bersama.

Dengan kolaborasi itu, nasabah KB Bukopin bisa melakukan transaksi penarikan tanpa kartu di ATM CIMB Niaga. Saat ini CIMB Niaga memiliki 4.432 unit mesin ATM. Semua itu tersebar di seluruh Indonesia.

Christian Tjan menyebut, transaksi tarik tunai tanpa kartu antarbank selain mudah, juga dapat mengurangi risiko terhadap kartu ATM/debit tertelan atau hilang. Lebih dari itu, nasabah dapat terhindar dari penipuan karena fitur yang disajikan hanya bisa digunakan untuk tarik tunai dari rekening nasabah sendiri.

Executive Vice President – Digital Division Head Bank KB Bukopin Charles Budiman mengatakan, pihaknya berupaya memberikan layanan perbankan cepat, praktis, dan aman bagi seluruh nasabah. Implementasi cardless withdrawal itu bertujuan menyediakan kemudahan transaksi digital seiring dengan teknologi yang berkembang pesat saat ini. “Selain itu kerja sama ini sebagai salah satu upaya dalam mengimplementasikan alternatif transaksi dari industri perbankan digital,” ujarnya.

Sementara Direktur Utama Artajasa M. Ma’ruf menuturkan layanan cardless withdrawal saat ini semakin luas dan dapat diterima oleh masyarakat. “Implementasi cardless withdrawal beda bank merupakan solusi bagi nasabah perbankan dalam menjawab kebutuhan transaksi perbankan secara mudah, cepat dan aman.”

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini: