alexametrics

8 Bisnis Ini Bikin Dompet Tambah Gendut Sambut Lebaran

6 Mei 2018, 10:40:20 WIB

JawaPos.com – Bulan Ramadan yang dinantikan umat muslim seluruh dunia akan tiba sebentar lagi. Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah. Pada bulan ini banyak berkah yang bisa kamu terima melalui puasa, bersedekah, dan masih banyak hal lainnya.

Tapi tidak hanya itu, bulan suci ini bisa kamu manfaatkan untuk meraup keuntungan. Bagi kamu yang berminat untuk mencari penghasilan tambahan selama bulan ini, kamu bisa menjajal peluang bisnis yang menjanjikan ini.

Dikutip dari cermati.com, Minggu (6/5), terdapat sembilan peluang usaha yang bisa kita kerjakan sebagai tambahan pendapatan di hari raya yang fitri.

8 Bisnis Ini Bikin Dompet Tambah Gendut Sambut Lebaran
Ilustrasi parsel lebaran (dok. JPNN)

1. Jualan Takjil dan Minuman Segar
Momen berbuka puasa adalah momen yang dinantikan. Setelah seharian menahan lapar dan haus, setiap orang yang berpuasa pasti membutuhkan makanan atau minuman untuk berbuka.

Itulah kesempatan yang sangat tepat untuk kamu jadikan peluang bisnis. Takjil dan minuman segar adalah hidangan yang sangat cocok untuk berbuka puasa.

Kamu bisa mulai menjual di halaman rumah, di pinggir jalan, atau bisa juga kamu bawa ke tempat kerjamu. Dengan menjual takjil, kamu tidak hanya menambah penghasilan tapi juga membantu orang untuk berbuka di tengah kesibukannya.

Ditambah lagi untuk memulai usaha ini, kamu tidak membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan Rp 300 ribu hingga Rp1 juta kamu bisa mulai bisnis yang menjanjikan ini.

2. Usaha Catering Makanan
Sebelum memulai hari, orang yang berpuasa akan mengisi perutnya terlebih dulu saat sahur. Tidak semua orang bisa masak dan punya waktu untuk menyiapkan makanan untuk sahur atau berbuka.

Nah, kamu juga bisa memanfaatkan keadaan ini untuk menambah uangmu dengan cara menjual makanan jadi dan memberikan jasa antar makanan. Hal ini akan memudahkan mereka yang terlalu sibuk atau tidak bisa menyiapkan makanannya sendiri.

Biaya modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini sangat bervariasi tergantung pada berapa jumlahnya dan apa menunya.

3. Menjajakan Buah-Buahan
Saat puasa banyak orang yang akan membeli buah sebagai pencuci mulut dan juga untuk menjaga agar tubuh tetap fit dalam menjalani puasa. Selain itu buah-buahan juga biasanya diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah.

Jadi, bisnis ini bisa jadi menguntungkan bagi kamu. Untuk bisnis ini, modalnya bervariasi tergantung dari berapa jumlah yang kamu ingin jual.

Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis ini, lebih baik jika kamu bisa langsung membelinya dari orang yang memiliki lahan buah, pasti harganya lebih murah.

4. Berjualan Ketupat
Ketupat seringkali dijadikan simbol dari Hari Raya Idul Fitri, karena ketupat memang seperti makanan pokok yang selalu ada dimana-mana pada hari raya tersebut. Kalau kamu bisa membuat ketupat, kamu bisa mencoba peluang bisnis ini.

Modalnya pun cukup kecil. Kira-kira untuk satu ketupat, kamu hanya butuh modal sebesar Rp1.000 saja. Namun kamu bisa menjualnya hingga 2 kali lipat sesuai harganya di pasaran.

5. Membuat Kue Kering
Kue kering adalah makanan yang wajib ada ketika Hari Raya Idul Fitri. Jadi, tak heran peminatnya bertambah drastis menjelang lebaran.
Banyak orang yang akan membeli kue kering dari jauh hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Jadi, untuk kamu yang suka dan mahir membuat kue kering, ayo lakukan bisnis ini selama Bulan Ramadan.

Modal untuk berbisnis kue kering juga bermacam-macam, tergantung jumlah dan jenis bahan yang kamu pakai.

6. Menjual Busana Muslim dan Perlengkapan Shalat
Menjelang lebaran, pasti banyak orang ingin memiliki pakaian baru dan perlengkapan shalat yang baru. Gunakan momen itu untuk mencari uang tambahan.

Busana Muslim dan perlengkapan shalat yang bagus sangat dicari pada masa menjelang lebaran, terutama oleh para ibu yang ingin dirinya dan keluarga tampil lebih fresh dengan penampilan baru.

Memulai bisnis ini memang membutuhkan modal yang besar. Tapi, jangan ragukan keuntungan yang kamu bisa dapatkan nantinya. Kisaran modal yang kamu butuhkan adalah Rp10 juta – Rp20 juta untuk busana muslim dan Rp5 juta – Rp15 juta untuk perlengkapan shalat.

7. Jasa Pembuatan Parsel
Barang yang sering dijumpai menjelang Hari Raya Lebaran adalah parsel. Banyak orang yang menjadikan parsel sebagai hadiah Lebaran yang dikirimkan kepada teman atau keluarga.

Jika kamu suka membuat parsel dan kreatif, kamu bisa jadikan peluang bisnis ini jadi sangat menguntungkan untuk kamu. Nah, modalnya juga bervariasi disesuaikan dengan ukuran dan jenis parselnya.

8. Rental Mobil
Ketika Hari Lebaran tiba biasanya orang akan merayakannya dengan pulang ke kampung halaman bersama seluruh keluarganya. Namun, tidak semua orang memiliki mobil.

Beberapa orang juga tidak suka menggunakan transportasi umum. Jadi, banyak dari mereka yang akan lebih memilih untuk menyewa mobil untuk pulang kampung.

Jika kamu punya mobil tak terpakai selama liburan, lebih baik sewakan saja kepada orang yang ingin pulang kampung. Daripada dibiarkan tidak terpakai, mendingan kamu pakai itu untuk menambah penghasilan kamu, kan?

Nah, kunci utama untuk memulai bisnis adalah ketekunan dan pandai melihat kesempatan yang tersedia di sekitarmu. Sebenarnya sangat banyak kesempatan untuk memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan tambahan, jika kamu cermat dalam melihatnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (mys/JPC)



Close Ads
8 Bisnis Ini Bikin Dompet Tambah Gendut Sambut Lebaran