alexametrics

Jangan Bingung, Ini Bisnis yang Bakal Moncer di 2019

6 April 2019, 21:19:03 WIB

JawaPos.com – Dengan berbisnis, seseorang juga akan memiliki kesempatan untuk menuju kesuksesan secara finansial. Mengawali sebuah bisnis biasanya identik dengan dana atau modal awal yang cukup besar.

Sesungguhnya, bukan hanya dana atau modal saja yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk menunjang proses berjalannya bisnis.

Saat mau memulai dan merintis usaha, banyak pertanyaan yang ada di benak, salah satunya bisnis apa yang bakal menguntungkan alias punya prospek ke depannya atau paling tidak di tahun bisnis itu dibuat.

Lalu, bisnis apa saja yang diperkirakan bakal tetap bersinar dan menguntungkan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut bisnis yang moncer di tahun 2019.

1. Bisnis di Bidang Teknologi

Kebanyakan orang beranggapan bahwa bisnis dengan memanfaatkan teknologi membutuhkan dana yang cukup besar. Kenyataan ini memang benar adanya tapi tidak mutlak benar.

Bisnis sederhana yang bisa dimulai dari kemajuan teknologi adalah berbisnis dengan sistem online shop. Bisnis toko online hanya membutuhkan modal sedikit tapi keuntungan yang didapat cukup besar.

Online shop juga mudah untuk dijalankan, tidak mengharuskan sewa gedung sebagai gudang ataupun toko, karena semua orang dapat membuat toko secara online.

Selain itu, bagi Anda yang tak mau menyediakan stok atau repot packing barang untuk dikirim ke konsumen, bisa menggunakan sistem dropshipper atau reseller dan bekerja sama dengan beberapa supplier. Anda tinggal mengambil komisi dari hasil penjualan.

Bisnis dengan memanfaatkan teknologi ini akan terus berkembang selama internet masih digunakan oleh umat manusia dan didukung dengan semakin berkembangnya piranti-piranti teknologi yang semakin canggih.

2. Bisnis di Bidang Kuliner

Makanan dan manusia adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Setiap harinya manusia membutuhkan makanan sebagai kebutuhan pokok hidupnya.

Oleh karena itu, bisnis di bidang kuliner sangat menguntungkan. Meski bisnis di bidang ini juga memiliki tantangan tersendiri yang cukup penting untuk diperhatikan.

Untuk memulai bisnis ini, tidak diperlukan dana yang cukup besar dan dapat disesuaikan dengan kemampuan modal yang tersedia. Strategi pemasarannya pun cukup mudah, bisa dilakukan dengan memanfaatkan media sosial atau membuka kios sederhana.

Sistem menitipkan ke toko-toko atau rumah makan yang telah ada sebelumnya juga bisa dicoba bila Anda ingin berbisnis makanan ringan. Sistem seperti ini lazim disebut dengan sistem konsinyasi.

Dengan menerapkan strategi promosi melalui media sosial dan sistem penjualan konsinyasi dapat menghemat biaya iklan yang seharusnya dikeluarkan ataupun biaya sewa toko dan kios.

3. Bisnis di Bidang ‘Fashion’ dan Kosmetik

Fashion dan kosmetik merupakan salah satu bisnis yang bisa dikatakan tidak ada matinya. Sama seperti kuliner, fashion atau pakaian termasuk kebutuhan sehari-hari umat manusia. Sedangkan kosmetik merupakan kebutuhan sehari-hari kaum hawa ini.

Wanita dapat dikatakan sebagai target pemasaran yang cukup menjanjikan. Seakan menjadi kodrat bagi wanita ingin selalu menjaga penampilan dan kecantikannya dimanapun mereka berada.

Bisnis di bidang ini bisa diprediksi tidak akan mengalami sepi pembeli. Apalagi produk yang disediakan selalu mengikuti perkembangan dan tren di dunia fashion maupun kosmetik.

Bisnis ini dapat diawali dengan modal yang cukup minim. Bisa dengan bergabung menjadi reseller maupun dropship suatu brand tertentu.

Strategi promosinya pun juga tergolong mudah, apalagi di era digital seperti saat ini. Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial yang sudah ada.

4. Bisnis di Bidang Kendaraan

Saat ini, hampir setiap orang memiliki kendaraan masing-masing. Hal ini dapat dibuktikan dengan tetap terjadinya kemacetan di beberapa kota tertentu.

Kondisi seperti ini dapat juga dijadikan sebagai peluang memulai bisnis. Banyak kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor dapat memunculkan peluang bisnis di bidang perawatan kendaraan bermotor, misalnya jasa perbaikan ataupun jasa pencucian.

Cara pemasarannya pun tergolong mudah, bisa diawali dengan bergabung di klub-klub pecinta motor dan juga aktif turut serta di setiap kegiatan otomotif di daerah masing-masing.

Bahkan, Anda juga bisa menggunakan peluang bisnis dari kendaraan ini sebagai jual-beli maupun sewa. Tentu saja, permintaan akan jual-beli dan sewa mobil ini akan selalu ada.

5. Bisnis di Bidang Pendidikan

Pendidikan merupakan alat untuk mengukur kemajuan suatu bangsa. Selain itu, pendidikan juga kunci utama bagi penerus bangsa agar dapat menguasai seluruh lini kehidupan.

Di Indonesia sendiri, pendidikan yang sudah ada belum sepenuhnya memberikan kualitas yang baik secara merata, terutama di daerah-daerah pinggiran yang terkadang sedikit diabaikan. Kondisi seperti ini dapat digunakan sebagai peluang bisnis serta bentuk kepedulian terhadap generasi penerus bangsa.

Bisnis di bidang pendidikan ini dapat dilakukan dengan membuka kursus, baik itu kursus mata pelajaran maupun kursus keterampilan bidang tertentu. Selain bernilai secara ekonomi, bisnis di bidang ini juga dapat memberikan nilai sosial yang tak terhingga karena turut membantu dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Selalu Belajar dan Berpikiran Terbuka adalah Kunci Berbisnis

Itulah beberapa bisnis yang memiliki masa depan cukup cerah dan dapat dimulai dengan kemampuan dana yang tersedia. Berbisnis sejatinya tidaklah sulit, asalkan ada kemauan tekun dalam menjalankanya, fokus dan serius untuk menjalaninya. Tak lupa, selalulah terus belajar agar bisnis bisa berkembang. Karena hidup ini berjalan dengan dinamis.

Strategi bisnis juga bisa dipelajari dengan niat yang kuat. Kebanyakan orang menyerah karena menganggap berbisnis itu terlalu rumit, bingung mengelolanya, dan takut tidak ada yang menjadi konsumen. Padahal apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh, bisnis di bidang apapun merupakan aktivitas bisnis yang menjanjikan.

Editor : Saugi Riyandi



Close Ads