alexametrics

Saingi Volkswagen, Tesla Rogoh USD 5,5 Miliar Bangun Pabrik di Jerman

Harus Patuhi Standar Lingkungan yang Ketat
6 Maret 2022, 05:45:25 WIB

JawaPos.com – Tesla akhirnya mendapatkan “lampu hijau” untuk membangun pabrik Gigafactory di Brandenburg, Jerman. Investasi ini ditaksir menelan dana hingga USD 5,5 miliar atau sekitar Rp 71,9 triliun.

Dilansir Reuters, pemimpin Tesla Elon Musk menilai pembangunan Gigafactory di Eropa sangat penting untuk memberikan tekanan pada perusahaan saingan, Volkswagen, yang juga mulai gencar mengenalkan mobil listrik. Berdasarkan data, Volkswagen atau VW memimpin penjualan mobil listrik di Eropa dengan pangsa pasar 25 persen. Sedangkan Tesla hanya 13 persen.

“Langkah Tesla adalah langkah besar menuju masa depan,” ungkap Gubernur Brandenburg Dietmar Woidke, dikutip dari Antara, Sabtu (5/3). Ia menambahkan, pabrik Tesla akan menjadi industri besar dan penggerak teknologi untuk Jerman dan kawasan Eropa.

Pabrik itu ditaksir akan menyerap 12.000 tenaga kerja, dimana sebanyak 2.600 orang sudah mulai bekerja pada bulan ini. Sedangkan untuk pasokan suku cadang, Tesla berupaya untuk mendapatkan pemasok lokal Jerman untuk meminimalkan waktu tunggu dan biaya logistik.

Kendati demikian, terdapat sejumlah syarat yang harus dipenuhi Tesla untuk membangun pabrik di Brandenburg, antara lain penggunaan air sesuai standar lingkungan dan pengendalian pencemaran udara. Otoritas lingkungan hidup Brandenburg akan memantau persyaratan itu dengan ketat di pabrik Tesla dalam dua pekan ke depan.

Jika semuanya memenuhi syarat, pabrik Brandenburg akan menjadi pabrik raksasa di Eropa dengan kapasitas produksi mencapai 500.000 unit mobil listrik setiap tahunnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: