alexametrics

Pemerintah Bakal Terbitkan Harga Acuan Batu Bara Domestik Pekan Ini

6 Maret 2018, 13:41:14 WIB

Jawapos.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menerbitkan beleid penetapan harga batu bara untuk konsumsi domestik atau domestic market obligation (DMO) pekan ini. Langkah ini ditempuh guna menekan harga batu bara sebagai bahan baku produksi listrik dalam negeri.

“Sekarang lagi difinalisasi aturan pemerintahnya yang akan mengatur harga batu bara untuk kelistrikan nasional,” kata Menteri ESDM, Ignasius Jonan di Jakarta, Senin (6/3).

Nantinya, pemerintah akan merevisi terlebih dahulu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2017 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara dengan mengubah Pasal 85.

Pemerintah Bakal Terbitkan Harga Acuan Batu Bara Domestik Pekan Ini
Menteri ESDM Ignasius Jonan (Uji Sukma Medianti/JawaPos.com)

“Ya nanti kalau sudah PP-nya jadi itu segera dari turunan PP itu saya membuat keputusan menteri untuk hal ini. Nanti dari situ diumumkan,” jelas Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (6/3).

Namun begitu, baik Jonan maupun anak buahnya belum dapat menyebut harga batu bara yang akan ditetapkan oleh pemerintah untuk pasar domestik.

Yang jelas, kata Jonan, diaturnya harga batu bara domestik bertujuan agar harga listrik tetap dapat dipertahankan tanpa membuat PLN rugi besar.

“Harga batu bara untuk kelistrikan yang dapat mempertahankan tarif listrik harga saat ini sampai akhir 2019 dan nggak akan buat PLN sampai rugi yang luar biasa,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono menerangkan, penetapan harga batu bara untuk skema DMO bisa saja fix dan bisa juga tidak.

Hal ini sedang dalam tahapan evaluasi pemerintah. Yang pasti penetapan harga nantinya akan jadi kebijakan yang terbaik untuk pemerintah.

“Nanti kita lihat tunggu saja. Yang penting terbaik untuk pemerintah,” tandasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/uji/JPC)



Close Ads
Pemerintah Bakal Terbitkan Harga Acuan Batu Bara Domestik Pekan Ini