JawaPos Radar

Simak! Cara Alibaba Dukung Pengembangan E-Commerce UMK di Indonesia

05/12/2017, 16:23 WIB | Editor: Mochamad Nur
Simak! Cara Alibaba Dukung Pengembangan E-Commerce UMK di Indonesia
Brian Wong, Vice President Alibaba Group saat paparan kerja sama workshop UKM di Indonesia (Sachril Agustin/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Alibaba Business School menjalin kerja sama kalangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam bentuk pelatihan teknologi. Kemitraan lembaga di bawah kelompok Alibaba Group ini dilakukan dengan menyelenggarakan sejumlah workshop di sejumlah kota besar di Indonesia.

Brian Wong, selaku Vice President Alibaba Group mengatakan seiring perkembangan teknologi, sumber daya manusia perlu ditingkatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan membangun ekosistemnya itu sendiri.

"Para pelaku usaha dapat menggunakan e-commerce dengan memakai teknologi untuk memudahkan saat melakukan investasi," katanya di Jakarta, Selasa (5/12).

Ia menambahkan, pelatihan ini sebagai penggerak agar para UKM bisa tertarik untuk mengadopsi internet atau teknologi. Nantinya, para pelaku usaha ini bisa bertransformasi sehingga dapat masuk juga ke struktur ekonomi baru.

Wong menuturkan, Alibaba juga bekerja sama dengan universitas dan dinas pendidikan untuk bisa mendidik kalangan anak muda. Melalui program ini, diharapkan akan semakin banyak kalangan generasi muda bisa bekerja dengan memanfaatkan e-commerce, atau bahkan mengembangkan platform e-commerce.

Diungkapkan, dalam melakukan workshop Alibaba Group melakukan dua pendekatan kepada masyarakat. Pertama, untuk menjangkau daerah terpencil, Alibaba membina para penguasaha muda. Setelah dibina, nantinya pengusaha muda itu pulang ke desanya dan mengajarkan kembali untuk orang-orang di desanya.

Kedua, para pelaku usaha dengan menggunakan teknologi untuk e-commerce. Di China, dengan e-commerce, mereka dapat menciptakan kurang lebih 11 ribu pekerjaan baru.

"Indonesia merupakan salah satu dari 6 negara yang dituju Alibaba. Kami mengadakan 30 workshop setiap bulan di kota-kota Indonesia untuk membina para pelaku UKM," lanjutnya. 

(ce1/sab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up