alexametrics

Ingin Dipakai Mudik, Proyek Tol Batang-Semarang Dikebut

5 Januari 2018, 02:00:06 WIB

JawaPos.com – PT Jasa Marga (Persero) Tbk terus mengebut pembangunan jalan tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer (Km). Ruas tol ini dapat dijadikan jalan alternatif dalam mengurai kepadatan yang akan terjadi pada saat musim Idul Fitri mendatang.

“Diproyeksikan dapat dilalui dan menjadi jalur alternatif saat Lebaran 2018 mendatang,” ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Kamis (4/1).

Salah satu upaya percepatan pembangunan konstruksi yang dilakukan oleh PT JSB adalah dengan proses perbaikan tanah di lokasi Ponowareng dan daerah Kaliboyo hingga Kaliurang dengan menggunakan metode slab on pile. Hal ini dilakukan sesuai dengan kajian teknis oleh konsultan perencana.

Diterapkannya sistem-sistem percepatan ini, dianggap memberikan dampak positif dalam pembangunan proyek jalan tol ini yang cukup signifikan. “Terhitung sampai Desember 2017 sudah mencapai 65,73 persen, untuk seluruh seksi,” katanya.

Hingga saat ini yang masih menghambat proyek ini adalah pembebasan lahan, terutama tanah wakaf dan makam yang belum mencapai kata sepakat. Dalam data PT Jasa Marga pembebasan lahan baru mencapai 98,17 persen.

Jalan Tol Batang-Semarang merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa yang dibagi menjadi 5 seksi, terdiri dari Seksi 1 Batang-Batang Timur sejauh 3,20 kilometer, Seksi 2 Batang Timur-Weleri 36,35 kilometer, Seksi 3 Weleri-Kendal 11,05 kilometer, Seksi 4 Kendal-Kaliwungu 13,50 kilometer dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak 10,10 kilometer.

Dan sesuai rencana nantinya akan di bangun 5 Gerbang Tol yaitu Gerbang Tol (GT)Tulis, GT Weleri , GT Kendal , GT Kaliwungu dan GT Kalikangkung.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (sat/JPC)


Close Ads
Ingin Dipakai Mudik, Proyek Tol Batang-Semarang Dikebut