alexametrics

Siapkan Rp 33 Triliun, Toyota dan Honda Kembangkan RnD di Indonesia

4 Desember 2019, 20:00:02 WIB

JawaPos.com – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengklaim berhasil mengantongi komitmen investasi dari Jepang di sektor otomotif hingga lebih dari Rp 33 triliun. Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebut, capaian tersebut merupakan hasil roadshow ke Jepang beberapa waktu lalu.

“Saat di Jepang, kami telah meminta kepada principle di sana untuk mengembangkan ekspor, baik itu tipe kendaraan maupun negara tujuan,” kata Putu di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Rabu (4/12).

Putu juga menyampaikan, ada perusahaan asal Jepang yaitu Toyota dan Honda yang menyatakan komitmen untuk membangun divisi riset dan pengembangannya (RnD) di Indonesia. Ini untuk mendorong peningkatan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) guna mendongkrak nilai tambah ekonomi nasional.

“Di Jepang itu, Toyota Group menyanggupi komitmen bahwa mereka akan mendorong ekspor dan juga berinvestasi lebih dari Rp 28 triliun,” tuturnya.

Putu membeberkan, Honda akan berinvestasi sekitar Rp 5 triliun lebih untuk riset dan pengembangan komponen serta kendaraan listrik. “Jadi, sebenarnya sudah banyak yang kita lakukan,” imbuhnya.

Berdasarkan peta jalan ‘Making Indonesia 4.0’, pemerintah menetapkan lima sektor manufaktur prioritas. Kelima sektor tersebut dinilai mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, salah satunya adalah sektor otomotif.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads