alexametrics

Begini Cara Aman PPLI Mengangkut Limbah B3

3 Desember 2021, 07:01:42 WIB

JawaPos.com – Limbah bahan beracun dan berbahaya (B3) memiliki perlakuan khusus. Bukan saja dalam pengolahannya, tapi juga dalam pengangkutannya.

Jika tak hati-hati, limbah-limbah tersebut bisa membahayakan. Membahayakan itu bukan saja bagi manusia di dekatnya, tapi juga lingkungan di sekitar tumpahan limbah itu sendiri.

Persoalan ini menjadi perhatian serius perusahaan pengolah limbah B3 PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) yang berpusat di Klapanunggal Bogor Jawa Barat. Sebagai perusahaan pengolah limbah yang terintegrasi selama lebih dari 27 tahun, pengangkutan limbah B3 juga bagian dari layanan yang diberikan secara penuh kepada kliennya.

Seluruh alat angkut limbah PT PPLI memiliki kualitas yang prima serta spesifikasi khusus sehingga kecil kemungkinan terjadinya kebocoran, tumpahan dan kerusakan kemasan limbah selama pengangkutan. “Khusus bagi para driver dan co-drivernya juga diadakan pelatihan khusus. Mereka sudah bersertifikasi,” ujar Regional Manager V PPLI, Farid Ardiansyah.

Proses pemuatan limbah B3. (PPLI FOR JAWAPOS.COM)

Pengangkutan limbah B3 PPLI dilakukan menggunakan transportasi darat berupa truk dan kereta api, serta transportasi laut dengan kapal kargo. “Untuk kereta api dan kapal kita menggandeng pihak ketiga yang memiliki fasilitas pengangkutan limbah B3 sesuai izin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” ungkapnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads