JawaPos Radar

Dorong Produk Lokal Mendunia, Jokowi Temui Bos Alibaba Group

03/09/2016, 04:43 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Dorong Produk Lokal Mendunia, Jokowi Temui Bos Alibaba Group
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menerima karangan bunga dari putra-putri RRT saat tiba di Bandara Hangzhou, RRT, Jumat (2/9) siang. (Setpres)
Share this

JawaPos.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Tiongkok kemarin. Dalam kunjungan di hari pertama itu, Jokowi mendatangi Alibaba Group Corporate Campus di distrik Yu Hang, Kota Hangzhou, Tiongkok. Perusahaan ini merupakan ecommerce terbesar di Tiongkok.

Setibanya di lokasi, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut langsung oleh pendiri sekaligus CEO Alibaba Group, Jack Ma, beserta sejumlah pejabat tinggi Alibaba lainnya.

Pria asal Solo, Jawa Tengah, itu lantas meninjau sejumlah portofolio produk maupun layanan perusahaan Alibaba sekaligus melihat suasana kerja di kantor Alibaba. Presiden merasa perlu untuk mempelajari raksasa ecommerce tersebut agar dapat membantu memasarkan produk-produk ekonomi dari UKM dan kreator muda Indonesia ke pasar Tiongkok.

Melalui pembicaraan Jokowi dengan Jack Ma, diketahui bahwa keduanya memiliki pandangan yang sama mengenai pengembangan usaha-usaha kecil dan menengah. Menurut Jack Ma, usaha-usaha kecil haruslah diberi akses terhadap teknologi agar dapat berkembang lebih jauh.

"Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini. Visi dari Jack Ma itu juga sama, yakni bagaimana memfokuskan sasaran kepada UKM," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang juga ikut dalam kunjungan Jokowi itu, sebagaimana dalam keterangan persnya Jumat (2/9) malam.

Sebelumnya, antara pemerintah Indonesia dengan Alibaba sendiri sesungguhnya telah memiliki bentuk kerja sama untuk memasarkan produk Indonesia ke pasar Tiongkok. Produk-produk tersebut dipasarkan melalui salah satu platform layanan Tmall (sebelumnya bernama Taobao Mall) yang juga dimiliki oleh Alibaba. 

"Kita ini sudah kerja sama dengan Alibaba dalam platform namanya Tmall. Tmall itu adalah platform marketplace untuk Tiongkok. Masuklah namanya bagian dari itu Inamall, produk-produk Indonesia. Tapi produk Indonesia yang masuk saat ini adalah untuk yang large FMCG (fast moving consumer goods) seperti kopi Kapal Api dan Indomie," terangnya.

Tidak hanya itu, pemerintah rupanya tidak hanya menyasar pasar Tiongkok semata. Melalui layanan dari Alibaba lainnya, produk-produk UKM asal Indonesia diharapkan juga mampu menembus pasar internasional.

"Kemudian nanti UKM-UKM ini masuk juga ke AliExpress. AliExpress itu adalah platform yang sama dari Alibaba tapi untuk global. Jadi UMKM kita diharapkan tidak hanya menyasar pasar Tiongkok, tapi juga di luar Tiongkok," terang Rudiantara. (fab/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up