alexametrics

Rapat dengan Menteri Rini, Basuki Ingin Trans Jawa Segera Beroperasi

3 Januari 2018, 15:19:58 WIB

JawaPos.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambangi kantor Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Kedatangannya perihal pembahasan dari kelanjutan pembangunan tol Trans Jawa.

Basuki mengungkapkan, proyek tol yang menelan biaya sampai Rp 40 triliun ini diharapkan pada akhir 2018 bisa terhubung hingga ke Surabaya dan segera dioperasikan.

“Iya ini mau dibahas progresnya Trans Jawa, kan kita targetnya akhir tahun ini harus bisa nyambung. Ada beberapa. Tapi ini belum dibahas. Nanti ya,” ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (3/1).

“Kalau Trans Jawa targetnya kita bisa nyambung akhir 2018 dan operasi. Dan mudah-mudahan Juni ini bisa dimanfaatkan fungsional buat mudik,” sambungnya.

Lebih lanjut, saat ini progres pengembangan tol Trans Jawa telah mencapai 84 persen konstruksi dan 100 persen pembebasan lahan untuk ruas Tol Pejagan-Pemalang.

Sementara itu, untuk ruas Batang-Semarang saat ini masih ada masalah terkait kontur tanah yang begitu lunak. Hal itu menyebabkan pembangunan konstruksi menjadi cukup terhambat.

“Ini kan masalahnya konstruksi tanah lunak kita mesti dengan konstruksi vakum kayak di (ruas) Palindra. Ini progresnya juga baik, ini percepatan kalau di Trans Jawa untuk bisa tetep target akhir 2018 bisa operasional,” jelasnya.

Selain itu, untuk tol Trans Sumatera, pihaknya mengakui awal tahun ini beberapa ruas seperti Bakauheni-Terbanggi akan segera diresmikan awal tahun ini. Pihaknya saat ini masih terus melakukan akselerasi terhadap beberapa kendala teknis.

“Trans Sumatera juga beberapa ada yang mau diresmikan Januari ini kayak Bakauheni-Terbanggi Besar yang kemarin financial closing-nya sudah kita lakukan minggu lalu dengan percepatan konstruksi harus segera kita lakukan. Ini intinya kita pasti kumpul kalau ada masalah yang berat,” kata Basuki.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/hap/JPC)


Close Ads
Rapat dengan Menteri Rini, Basuki Ingin Trans Jawa Segera Beroperasi