JawaPos Radar

Pertemuan Jokowi Dengan Jack Ma, Bahas Kerja Sama Dengan Alibaba Group

02/09/2018, 17:15 WIB | Editor: Ilham Safutra
Pertemuan Jokowi Dengan Jack Ma, Bahas Kerja Sama Dengan Alibaba Group
Jack Ma ketika hadir tengah atlet Tiongkok di Asian Games 2018. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Indonesia sudah mengumumkan peta jalan ekonomi digital pada 2016. Tapi, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) belum bisa menyamai laju pertumbuhan e-commerce di tanah air.

Karena itu, ketika Jack Ma diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor kemarin (1/9), pengembangan SDM tersebut yang jadi bahasan utama. Salah satu usul konkret yang mengemuka dalam pembicaraan dengan executive chairman Al­baba Group, perusahaan e-commerce terbesar di dunia itu, adalah pendirian Jack Ma Institute.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang ikut mendampingi Presiden Jokowi menyatakan, lewat Jack Ma Institute tersebut, diharapkan bukan hanya kebutuhan SDM di dalam negeri yang terpenuhi. Tapi, Indonesia juga bisa menjadi pusat pemasok SDM bagi negara-negara di kawasan. Jack Ma, menurut Rudiantara, merespons positif usul itu. "Sebab, orientasi dia bukan hanya bisnis, tapi juga menyebarkan pemikiran," katanya.

Pertemuan Jokowi Dengan Jack Ma, Bahas Kerja Sama Dengan Alibaba Group
Presiden Joko Widodo saat menyambut kedatangan Executive chairman Al­baba Group Jakc Ma di Istana Bogor. (SETPRES for Jawa Pos)

Rudiantara menambahkan, kerja sama Indonesia dengan Alibaba Group akan dibahas lebih teknis. Rencananya, sejumlah menteri terkait kembali bertemu konglomerat Tiongkok sekaligus salah satu orang terkaya di dunia tersebut di Jakarta siang ini.

Selain SDM, pertemuan kemarin juga membahas pemanfaatan platform yang tersedia untuk meningkatkan ekspor Indonesia. Khususnya ke pasar Tiongkok. Peta jalan e-commerce Indonesia memuat tujuh poin mengenai upaya pengembangan ekonomi digital.

Selain SDM, terdapat logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan, dan keamanan siber. Saat ini semua tengah dipersiapkan. Untuk logistik, misalnya, pemerintah akan memaksimalkan potensi PT Pos Indonesia. "Kita sedang mentransformasikan PT Pos Indonesia dari orientasinya pos menjadi perusahaan logistik," ujar Rudiantara.

Dalam bidang infrastruktur komunikasi, Rudiantara mengatakan bahwa Palapa Ring ditargetkan selesai pada 2019. Dengan demikian, pada 2019 semua kabupaten/kota di Indonesia sudah terhubung dengan jaringan internet kecepatan tinggi. "Jadi, infrastruktur sudah siap lebih cepat. Tinggal kita nanti balik lagi fokus pada SDM," katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Jokowi menyambut baik investasi Alibaba Group di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dia berharap hal tersebut bisa dilanjutkan dan ditingkatkan. "Terima kasih atas komitmen berkelanjutan untuk sektor e-commerce dan ekonomi di Indonesia," ujarnya.

Pada penutupan Asian Games 2018 nanti malam, Jack Ma dijadwalkan hadir. Kehadirannya sekaligus merupakan representasi warga Kota Hangzhou yang menjadi tuan rumah Asian Games 2022. 

(far/c9/ttg)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up