alexametrics

Kalau Raja Salman Saja Oke, Wisman Lainnya Bakal Terdorong ke Indonesia

2 Maret 2017, 07:04:05 WIB

JawaPos.com – Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menyarankan agar pemerintah memanfaatkan kedatangan Raja Salman untuk mendongkrak ekspor ke Saudi. Apalagi, dalam tiga tahun terakhir, angkanya terus menurun ke level yang mengkhawatirkan.

Pada 2014 nilai ekspor Indonesia ke Saudi mencapai USD 2,1 miliar, lalu menurun pada 2015 menjadi USD 2 miliar. Tahun lalu nilai ekspor Indonesia ke Saudi tinggal USD 1,3 miliar. 

Sasmito melanjutkan, di samping potensi ekspor, kunjungan tersebut bisa memberikan dampak untuk jangka menengah dan panjang bagi sektor pariwisata. Pihaknya pun optimistis kedatangan rombongan Raja Salman tersebut bisa mendorong peningkatan jumlah wisatawan mancanegara asal Timur Tengah di Indonesia.

”Kalau dia saja oke ke sini, mungkin wisman lainnya akan terdorong meningkatkan kunjungannya ke Indonesia sehingga ke depan kunjungan wisman dari Arab Saudi naik. Multiplier effect-nya besar,” ujarnya.

Dampak jangka pendek, kata Sasmito, akan dirasakan di tiga kota yang dikunjungi Raja Salman, yakni Jakarta, Bogor, dan Bali. Dia yakin sektor hunian hotel, pariwisata, jasa angkutan, dan industri kreatif di tiga wilayah tersebut akan terdampak.

Ekonom Universitas Indonesia Lana Soelistianingsih setuju dengan analisis Sasmito tentang pengembangan sektor pariwisata dengan Saudi. ”Rencananya kan beliau berkunjung ke Bali juga. Kita punya potensi pariwisata yang bisa dipromosikan. Sekaligus ajang promosi bahwa kita ini negara muslim yang besar dan potensi pariwisatanya banyak sekali,” ujarnya kepada Jawa Pos.

Dia menambahkan, berbagai macam objek pariwisata halal di Indonesia yang ramah bagi moslem traveller juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, berbagai potensi pariwisata dalam negeri bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk menggenjot jumlah kunjungan wisman dari Timur Tengah ke Indonesia.

”Daripada orang-orang pergi ke Eropa yang sekarang kurang bersahabat pariwisatanya, kenapa tidak berkunjung ke Indonesia saja?” imbuhnya. (byu/ dee/ken/idr/bil/mia/c5/ang)

Editor : Thomas Kukuh

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Kalau Raja Salman Saja Oke, Wisman Lainnya Bakal Terdorong ke Indonesia