alexametrics

Siap Gabung BUMN Holding, Adhi Karya Setor Saham Ke Hutama Karya

2 Februari 2019, 06:30:50 WIB

JawaPos.com – PT Adhi Karya Tbk (ADHI) merubah anggaran dasar sehubungan dengan rencana pembentukan Holding Badan Usaha Milik Negara lnfrastruktur. Hal tersebut dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB),

Direktur Utama PT Adhi Karya Budi Harto menjelaskan, aksi korporasi ini nantinya seluruh saham Seri B milik negara yang ada pada Perseroan, akan menjadi setoran modal pada PT Hutama Karya (Persero).

“Jadi semua sudah setuju bahwa seluruh saham (seri B) pemerintah dipindahkan ke Hutama Karya. Tapi itu masih menunggu keputusan dari presiden,” ujarnya di Hotel Pullman Jakarta, Jumat (1/2).

Budi menuturkan, pengalihan kepemilikan saham tersebut merupakan tindakan pemerintah yang akan dituangkan dalam suatu Peraturan Pemerintah. Setelah adanya pengalihan saham tersebut, maka PT Hutama Karya akan menjadi induk usaha atar holding.

Dengan demikian, lanjut Budi, Perseroan nantinya akan berubah menjadi anak usaha BUMN, sebagaimana dimaksud dalam PP Nomor 72/2016 perihal Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 44/2005, tentang Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara pada BUMN dan Perseroan Terbatas.

“Setelahnya akan terjadi perubahan status Perseroan yang semula merupakan BUMN Persero, menjadi nonpersero,” tegasnya.

Selain itu, pemerintah akan melakukan pengalihan saham Adhi Karya sebagai tambahan penyertaan modal negara di PT Hutama Karya (Persero).

“Pengendalian langsung akan dilaksanakan melalui kepemilikan satu saham Seri A Dwiwarna pada Perseroan, dan pengendalian secara tidak langsung akan dilaksanakan melalui kepemilikan 100 persen saham pada PT Hutama Karya (Persero) yang akan menjadi pemegang saham Seri B terbanyak pada Perseroan,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

Siap Gabung BUMN Holding, Adhi Karya Setor Saham Ke Hutama Karya