JawaPos Radar

Menteri Perindustrian : Pasar Online Produk Fesyen Paling Laris

01/02/2017, 16:26 WIB | Editor: Mochamad Nur
Menteri Perindustrian : Pasar Online Produk Fesyen Paling Laris
Suasana IFW 2017 (Marieska Virdhani/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah mendorong perkembangan industri mode dan fesyen sebagai bagian dari industri kreatif. Era digital saat ini membuat pemasaran industri fesyen semakin mudah diakses konsumen. Karena itu pelaku industri berlomba untuk menghasilkan produk berkualitas. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan pasar belanja online saat ini paling banyak mengincar fesyen. Pakaian apa saja dari mulai anak-anak hingga dewasa memiliki pasar sendiri melalui dunia maya. Perkembangan media sosial juga mendorong pelaku industri fesyen lebih bersemangat.

"Pemerintah selalu dorong kreativitas industri. Kami juga sudah melaunch dunia digital e-smart Usaha Kecil Menengah (UKM)," katanya dalam sambutannya di acara pembukaan Indonesia Fashion Week (IFW) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (1/2).

Distribusi pasar online, kata dia, lebih banyak kini dilakukan secara online atau digital. Dia juga mendorong pelaku industri dan para desainer lokal untuk berdaya saing di kancah internasional.

"Kalau dilihat barang yang ditrade secara online, yang paling laku adalah fesyen. Kami dorong untuk ekspor," jelasnya.

Airlangga juga mengapresiasi pasar fesyen hijab yang kini makin mendunia. Menurutnya, kualitas desain hijab lokal tidak kalah dengan pasar di Timur Tengah. "Hijab juga punya pasar yang kuat di Timur TengH. Kami ucapjan terima kasih pada desiner yang terus berkarya," paparnya.

Dia  menjelaskan peluncuran kemudahan impor dengan tujuan ekspor oleh Presiden Joko Widodo di bidang garmen. Airlangga menyambut baik acara IFW 2017 untuk membuka pasar fesyen seluas mungkin agar mancanegara mengenal kualitas produk tanah air.

"Kami sudah mengeluarkan kebijakan jika garmen gunakan bahan baku impor bisa gunakan bea masuk nol. Bisa berikan keuntungan 10-20 persen. Agar fesyen jadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya. (cr1/JPG)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up