alexametrics

Teten Dorong Rungkun Awi Cisarua Menjadi Titik Ekonomi Baru Masyarakat

31 Juli 2020, 21:41:37 WIB

JawaPos.com – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut, Rungkun Awi yang berada di Desa Tugu Selatan, Cisarua sudah mulai menjadi titik ekonomi baru bagi masyarakat di sekitarnya.

Menurutnya, kawasan hutan bambu, bekas pembuangan sampah tersebut, jika dikelola dengan baik dapat berubah menjadi kegiatan kebudayaan dan kesenian masyarakat. “Wilayah tersebut dekat dengan Jakarta dan diharapkan akan menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat, dengan memberdayakan produk unggulan UMKM setempat,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (31/7).

Teten menjelaskan, jika dikelola dan digarap dengan baik, maka Rungkun Awi akan memiliki nilai ekonomi yang luar biasa. Pihaknya juga ingin menunjukkan kepada masyarakat disekitar lokasi, untuk menghargai potensi, daerah dan alamnya. Sebab hal itu akan berdampak pada meningkatnya perekonomian bagi masyarakat setempat.

“Misalnya di hari Sabtu dan minggu kita akan buka pasar rakyat. Dimana para petani bisa menjual hasil bumi, makanan. Ini bakal menarik. Saya optimis. Asal digarap dengan baik,” katanya.

Dengan hutan bambu alamiah Rungkun Awi yang bisa juga dimanfaatkan untuk sektor pariwisata, kata dia, pihaknya akan merumuskan langkah agar bisa bersinergi, dan sektor UMKM bisa tumbuh di kawasan tersebut.

Ia menegaskan, pemerintah akan mendorong tumbuhnya entrepreuneurship masyarakat, melalui sektor-sektor yang selama ini tidak dilirik, yaitu memanfaatkan alam untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan. Teten mencontohkan, disejumlah negara, banyak dikembangkan pertumbuhan pusat-pusat ekonomi masyarakat.

“Yang penting kita harus tumbuhkan entrepreneurship masyarakat. Kalau tadinya dengan modal besar, dengan usaha dikota. Kita tunjukkan bisa mulai usaha dikampungnya sendiri. Apa adanya. Jadikan bisa memiliiki nilai ekonomi. Disitulah pentingnya pemberdayaan, ditengah kekuatan ekonomi masyarakat itu sendiri,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads